Senin, 30 Apr 2018 17:42 WIB

Honda 70 yang Jadi Harley Sampai VW Beetle Sangar, Dibikin 6 Bulan

Ruly Kurniawan - detikOto
mobil dan motor yang terbuat dari barang bekas kreasi Bingky. Foto: Ruly Kurniawan mobil dan motor yang terbuat dari barang bekas kreasi Bingky. Foto: Ruly Kurniawan
Jakarta - Di salah satu area Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 kemarin ada hal yang menarik, yakni mobil dan motor yang dirakit dari barang bekas. Kendaraan tersebut adalah hasil modifikasi keluaran The Wasteland Project. Dari Honda 70 yang disulap menjadi bergaya Harley-Davidson sampai VW Beetle bernuansa sangar ala film Mad Max, ternyata kendaraan tersebut rata-rata dibuat dengan waktu yang cukup singkat lho, Otolovers.

Berbincang bersama beberapa wartawan, Arsitek dan konseptor The Wasteland Project, Bingky, mengungkapkan bahwa rata-rata memodifikasi kendaraan seperti itu adalah empat sampai enam bulan saja. Asalkan, motor maupun mobil bukan dibangun dari nol.



"Ini dari motor dan mobil second hand kita modifikasi, tidak ada yang baru. Rata dari tahun-tahun jebot, 1960-an kita buat bergaya retro atau sebagainya. Inspirasi gue sih dari film Mad Max, ya begitu-begitu deh. Tapi ini bisa jalan dengan normal," kata pria nyentrik tersebut di area IIMS 2018, JIExpo Kemayoran, Jakarta, akhir pekan kemarin.

"Kalau custom, kendaraannya sudah ada (tidak dirakit dari nol) sekitar empat sampai enam bulan. Tergantung apa yang dikerjakan," ujar Bingky.

Bila kendaraan khususnya motor harus dibangun dari nol, timnya membutuhkan waktu enam bulan sampai satu tahun. Hal itu tergantung dari ketersediaan bahan yang diperlukan.



Ketika sudah jadi, surat-surat kendaraan akan dicari kembali agar diurus dan diaktifkan supaya legal untuk mengaspal.

"Ya kalau kendaraan second itu kita cari yang masih ada surat-suratnya. Nanti dihidupkan lagi. Kan mau dibawa jalan," ucapnya.

"Untuk motor kalau dari nol itu sekitar Rp 150 juta, tergantung dari konsep yang dimau," kata Bingky. (ruk/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed