Minggu, 29 Apr 2018 12:11 WIB

Laporan dari IIMS 2018

Kreatif, Mobil dan Motor Ini Dibuat dari Barang Bekas

Ruly Kurniawan - detikOto
Mobil dan motor di Wasteland IIMS 2018. Foto: Ruly Kurniawan Mobil dan motor di Wasteland IIMS 2018. Foto: Ruly Kurniawan
Jakarta - Seng-seng bertingkat tersusun rapi di salah satu lapak pada pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. Di atasnya, terdapat satu-dua kendaraan motor dan mobil yang sudah tampak renta.

Lihat saja karat yang menyelimuti kelirnya. Ada pula roda-roda sepeda, motor, dan mobil yang menyelimuti.

Masuk ke dalam, ada VW berwarna kuning yang sedang tergantung. Di sampingnya, beberapa motor yang sangat jarang sekali dilihat di jalanan berjejer. Tepat pada bibir pintu keluarnya, VW Beetle enam roda beraura ganas menyambut dengan senyum. Tempat itu bernama The Wasteland Project.



Bukan sembarang, memang tempat tersebut didesain menggunakan barang bekas yang dengan sentuhan kreativitas tanpa batas, menjadi suatu hal bernilai tinggi. Arsitek dan konseptornya, Bingky, mengatakan memang jiwa Wasteland adalah menjadikan barang yang sudah tidak digunakan menjadi hidup kembali.

"Memang konsep kita adalah menggunakan barang yang sudah tidak terpakai lagi, second hand, menjadi sesuatu mahakarya bernilai. Berguna lagi. Menjadi hidup kembali," katanya kepada beberapa wartawan di IIMS 2018, JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Bukan hanya tampak luar, jejeran motor dan mobil yang terparkir di sana juga ternyata menggunakan barang bekas. Bahkan, ada beberapa yang tidak memiliki identitas rangka atau dibangun dari nol.

"Ini semuanya (kendaraan-Red) memang dari mobil dan motor second hand yang kita modifikasi, bukan kendaraan baru. Bahkan ada yang dari nol, hanya mesin saja," kata Bingky.



"Mobil yang sudah tahun-tahun jebot seperti 1960-an kita buat bergaya retro atau sebagainya namun masih bisa jalan normal seperti kendaraan di film Mad Max. Kalau mobil dan motor baru kan kelihatan lah ya hasil modifikasinya. Tidak seperti ini," tambahnya.

Meski begitu, seluruh mobil motor nyentrik sarat akan ban-ban besar yang terparkir di Wasteland Project masih memiliki surat resmi yang lengkap seperti STNK. "Oh jelas, STNK masih ada orang ini kita bawa ke jalanan kok. Masih layak jalan, ini," jelas Bingky.

Dalam helatan IIMS 2018 tepatnya saat matahari sudah pergi dari langit, Bingky dan tim Wasteland Project melakukan atraksinya yaitu membawa motor-mobil dari barang rongsokan tersebut jalan-jalan. Di kesempatan tersebut salah satu motor mengeluarkan api dari knalpotnya. Sontak hal tersebut menjadi salah satu daya tarik bagi pengunjung IIMS 2018.

"Yang penting kreativitas mempergunakan barang yang sudah tidak terpakai, kemudian kita daur ulang menjadi barang yang keren dan berguna. Intinya begitu. Tapi juga lihat kenyamanan dan safety-nya bagaimana," ungkap Bingky.

"Kami tidak melulu otomotif. Ini seperti barang yang bernilai ekonomi kreatif, jadi dari hal yang tidak terpikir, disulap jadi berguna dan bisa menjadi penghasilan artisnya," tutupnya.

[Gambas:Instagram]

(ruk/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed