Sabtu, 21 Apr 2018 10:59 WIB

Laporan dari IIMS 2018

Mirip Koper, Bagasi Honda Goldwing Bisa Simpan Baju Menginap 4 Hari 3 Malam

Dina Rayanti - detikOto
Honda Goldwing Foto: PT Astra Honda Motor Honda Goldwing Foto: PT Astra Honda Motor
Jakarta - Honda tidak hanya membawa motor berteknologi hybrid pertamanya ke Indonesia, produsen motor asal Jepang itu juga sekaligus meluncurkan moge berkapasitas 1.800cc pada pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018.


[Gambas:Video 20detik]


Selain mesinnya yang besar, Honda Goldwing di IIMS 2018 yang diperuntukkan bagi mereka pecinta turing ini juga memiliki kapasitas bagasi yang lumayan besar. Setiap sisi bagasinya memiliki kapasitas 30 liter, dan bagasi atas berkapasitas 50 liter.

Kalau saja Otolovers berminat untuk berkeliling dengan mengendarai Honda Goldwing, tak perlu repot-repot membawa koper berisi pakaian. Berdasarkan riset Honda, bagasi Goldwing dapat menyimpan kebutuhan 2 orang saat akan pergi menginap.



"Kami juga mempertahankan total kapasitas bagasi 110 liter pada bagasi belakang dan bagasi samping yang mampu membawa kebutuhan 2 orang menginap selama 4 hari 3 malam sesuai pemakaian aktual konsumen berdasarkan riset yang kami lakukan," ungkap Large Project Leader Honda Goldwing, Yutaka Nakanishi di IIMS 2018.

"Bagasi belakang mampu menyimpan 2 helm full face, selain itu di setiap ruang bagasi terdapat hidraulik damper," jelas Yutaka.

Tempat duduk Honda Gold Wing terpisah antara pengendara dan pembonceng. Jok motor didesain sehingga nyaman dan suportif saat pengendara melakukan manuver. Model ini juga dilengkapi dengan sistem monitoring tekanan angin pada ban untuk kenyamanan turing.

Dengan konsep modern yang menyeluruh untuk meningkatkan kebanggan berkendara, Honda Gold Wing memiliki fitur canggih dan bergengsi sepeti sistem throttle-by-wire (TBW) yang memiliki 4 mode riding (Tour, Sport, Econ, dan Rain), Honda Selectable Torque Control (HSTC), Hill Start Assist, dan sistem cruise-control yang dapat disetel untuk kenyamanan maksimal pengendaranya. Untuk memilih mode riding yang sesuai dengan kondisi perjalanan dapat dilakukan melalui tombol pilihannya terlihat di layar display berwarna sebesar 7 inchi yang mengagumkan. Kecerahan layar display dapat berubah otomatis sesuai kondisi cahaya atau pengendara dapat menyesuaikan dengan 8 tingkat kecerahan.



Untuk hiburan selama perjalanan, sistem audio amplifier pada model ini juga sudah disempurnakan, speaker berbobot ringan telah disematkan sedemikian rupa agar sesuai dengan posisi duduk pengendara sehingga menghasilkan suara yang jernih.

Honda Gold Wing juga merupakan motor pertama yang dilengkapi dengan Apple CarPlay™ yang mana menghubungkan motor dengan ponsel iPhone penggunanya untuk menunjukkan peta, kontak, dan musik. Keseluruhan fitur ini dapat diakses melalui layar display dan tersedia juga konektivitas Bluetooth. Saat ini gyrocompass juga telah disematkan pada Honda Gold Wing sehingga pengendara tetap dapat menggunakan pemandu jalan bahkan saat di dalam terowongan.

Dari segi dapur pacu, Honda Gold Wing hadir dengan mesin 1.800cc berpendingin cairan 6 silinder yang dipasang secara horizontal berlawanan menjadi ciri khas elemen utama dari karakternya yang kaya.

Meskipun dengan layout umum yang sama, banyak hal telah disempurnakan untuk membuat mesin ini lebih kompak, irit dan ringan dengan maksimum power 92.9 kW pada 5.500 rpm dan torsi maksimum 170 Nm pada 4500 rpm.

Model ini memiliki transmisi canggih dengan 7 kecepatan Dual Clutch Transmission (DCT) generasi baru yang dilengkapi dengan forward/reverse Walking Mode, bobot mesin Honda Gold Wing saat ini lebih ringan dibandingkan model sebelumnya, mesinnya diletakkan didepan pada casis untuk distribusi berat yang lebih ideal. (dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed