Ngeri, Mobil Ini Bisa Nikung di 200 Km/Jam!

Ruly Kurniawan - detikOto
Rabu, 21 Mar 2018 13:13 WIB
Bugatti Chiron Sport Foto: Geneva Motor Show
Jenewa - Berapa kecepatan tertinggi yang pernah Otolovers capai di tikungan? 60-80 km per jam? Cetek lah, naik mobil ini menikung dalam 200 km per jam terasa biasa.

Mobil itu adalah Bugatti Chiron Sport. Beberapa update dilakukan Bugatti pada mobil super terbarunya itu sehingga hypercar asal Prancis tersebut mampu melakukan cornering pada kecepatan 200 km/jam dengan stabil. Ketika diuji di Nardo test track, Chiron Sport mampu melibas tikungan dengan stabil pada kecepatan 200 km/jam (124 mil/jam). Mobil diperlihatkan di pameran Geneva Motor Show beberapa waktu lalu.

Chiron versi Sport mendapat keuntungan dari handling dan suspensi yang baru, lebih kaku. Ia juga menggunakan control strategy baru untuk peredam kejutnya. Dibandingkan dengan versi standar, dikatakan kombinasi tersebut mampu beraksi 10 persen lebih kaku.

Tidak hanya itu saja, Chiron terbaru sudah dilengkapi fungsi dynamic torque vectoring, yang mampu mendistribusikan torsi secara individual ke setiap rodanya. Perbaikan ini efektif dalam semua mode berkendara Chiron.Roda, penutup intercoller, serta wipernya juga sudah dibalut oleh lapisan karbon fiber sehingga mobil menjadi lebih ringan sampai 18 kilogram (40 ponds). Dengan besutan itu, Bugatti mengatakan bahwa ia adalah produsen pertama di industri ini yang mengembangkan wiper kaca depan serat karbon, yang lebih ringan sampai 77 persen dibanding wiper konvensional.

Dengan segala perubaha itu, Chiron Sport diklaim lima detik lebih cepat dari versi standarnya. "Kami telah mengembangkan Chiron Sport untuk pelanggan yang menginginkan pengalaman berkendara yang lebih sporty dengan Chiron mereka dengan dinamika lateral yang disempurnakan pada jalan berkelok-kelok," komentar Presiden Bugatti, Stephan Winkelmann.

"Yang penting bagi kami adalah tidak mengubak karakter unik Chiron meski dikombinasikan dengan peforma yang tertinggi, percepatan longitudinal, kemewahan, dan nyaman digunakan sehari-hari," tambahnya.

Otolovers berminat? Siapkan kocek sekitar USD 3,67 juta dulu ya, atau bila dirupiahkan sekitar Rp 50 miliar. (ruk/ddn)