Kamis, 08 Mar 2018 10:12 WIB

Geneva Motor Show 2018

Perkenalkan, Inilah Ruang Tamu Berjalan dari Italia

Ruly Kurniawan - detikOto
Icona Nucleus, Mobil Otonom yang Jadi Ruang Tamu Berjalan. Foto: Dok. Motor1 Icona Nucleus, Mobil Otonom yang Jadi Ruang Tamu Berjalan. Foto: Dok. Motor1
Jenewa - Dewasa ini bisa dibilang perkembangan kendaraan otonom cukup masif. Bahkan beberapa dari produsen otomotif sudah memamerkan mobil konsep tanpa sopir, satu di antaranya ialah Icona Nucleus. Penumpang tidak perlu duduk di belakang kemudi, produsen asal Italia ini merancang mobil otonomnya menjadi ruang tamu berjalan.

Dijuluki "the ultimate self-driving living room", desain mobil benar-benar berbeda. Tidak seperti kendaraan roda empat angkut pada umumnya, mobil ini hanya memiliki satu pintu dan tanpa jendela samping. Bahkan tidak ada lagi dasbor, pedal, kursi pengemudi, dan setir di kabinnya. Namun tak perlu kecewa, semua sudah digantikan oleh nuansa ruang tamu yang diberikannya.



Memiliki tingkat otonom di level 5, Icona menyebut kendaraan ini adalah ruang tamu eksekutif yang berjalan. Mengutip dari Motor1, di dalam tubuh mobil itu terdapat enam tempat duduk yang bisa digeser dan disetel menjadi sofa. Meja kecil pun hadir di sana agar nuansa ruang tamu benar-benar kental.

Untuk warnanya, Icona merancang mobil tersebut dengan sistem transparan. Jadi, penumpang bisa melihat keluar sementara orang di luar tidak bisa melihat ke dalam kabin.



"Mobil diberikan garis sisi melengkung yang panjang seperti sel-sel pada kendaraan konvensional. Seperti gelembung pelindung (airbag), dan pengaman lainnya yang menjaga penumpang agar tetap aman, sekaligus menawarkan pemandangan yang menakjubkan ke luar, berkat permukaan kaca yang sangat lebar. Hal itu dapat dilihat pada tubuh bagian atas mobil," ujar Icona menurut laporan tersebut.



Untuk dimesinya, ruang tamu berjalan besutan Icona memiliki panjang 5,25 meter, lebar 2,12 meter, dan tinggi 1,75 meter. Konsep ini memiliki koefisien drag kurang dari 0,25 berkat diffuser bawah bodi mobil dan 'arch aerodinamis blade extension'. Maka, disinyalir berada di dalam kabin mobil sangat nyaman.

Mobil konsep ini akan dipamerkan di pameran Geneva Motor Show 2018. (ruk/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed