Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 13 November 2017, 16:12 WIB

Laporan dari Milan

EICMA dan Ambisi Milan Jadi Ibu Kota Sepeda Motor Dunia

Erwin Dariyanto - detikOto
EICMA dan Ambisi Milan Jadi Ibu Kota Sepeda Motor Dunia Foto: Erwin Dariyanto
Milan - Puluhan orang itu turun dari bus di area Rho-Pero, Fiera Milano, Italia pada Selasa pagi 7 November 2017. Suhu udara di kota Milan saat itu berkisar 5 derajat.

Dengan langkah bergegas mereka berjalan menuju exhibition centre, tempat pameran motor terbesar di dunia EICMA (Esposizione Internazionale del Ciclo, Motociclo, Accessori) digelar. Pameran ini memang sudah ditunggu oleh jutaan orang penggemar otomotif.

EICMA dan Ambisi Milan Jadi Ibu Kota Sepeda Motor Dunia Foto: Erwin Dariyanto


Setiap tahun antusiasme pengunjung EICMA terus bertambah. Tahun lalu panitia hanya menggunakan 4 gedung untuk area pamer. Di tahun 2017, EICMA menggunakan 7 gedung. Ada 1.626 produsen sepeda motor, aksesoris, maupun spare part yang ikut pameran. Tak kurang dari 150 produk motor anyar diluncurkan di acara EICMA ini.

Gedung pameran Fiera MilanoGedung pameran Fiera Milano Foto: Erwin Dariyanto


Di pameran kali ini, sejumlah produk sepeda motor listrik dan ramah lingkungan masih menjadi prioritas oleh panitia. Moped yang mengenalkan interchangeable lithium batteries, Futuro juga meluncurkan model baterai yang sama. Ada juga New BMW C Evolution dengan baterai elektronik tahan lama yang cocok untuk digunakan di daerah perkotaan serta trek offroad.

Vespa pabrikan skuter ikonik dari Italia juga mengenalkan produk bertenaga listrik yang ramah lingkungan: Vespa Elettrica. Vespa menyebut Elettrica ini merupakan kombinasi dari karya seni kontemporer khas Vespa dengan jantung pacu modern.

EICMA dan Ambisi Milan Jadi Ibu Kota Sepeda Motor Dunia Foto: Vespa


Jantung pacu Vespa Elettrica adalah sebuah Power Unit yang menghasilkan daya konstan 2 kW dengan daya puncak hingga 4 kW. Vespa mengklaim performa motor listrik ini lebih besar dibanding skuter 50 cc yang banyak digunakan di Eropa.

Vespa Elettrica bisa menjangkau jarak hingga 100 kilometer. Vespa juga menyediakan versi X yang menambahkan generator di samping motor listrik. Dengan begitu, daya jangkaunya menjadi dua kali lipat lebih jauh. Motor listrik Vespa pakai baterai lithium-ion. Untuk mengisi daya sampai penuh dibutuhkan waktu sekitar 4 jam.

Selain produk bertenaga listrik yang ramah lingkungan, sejumlah pabrikan juga memperkenalkan produk motorsport. Hampir semua peserta pameran EICMA 2017 memamerkan satu produk motorsportnya.


EICMA dan Ambisi Milan Jadi Ibu Kota Sepeda Motor Dunia Foto: Ducati

Ducati misalnya meluncurkan New Ducati Panigale V4. Motor sport ini menggunakan mesin Desmosedici Stradale V4 dan merupakan kendaraan dengan mesin empat silinder yang diproduksi secara massal untuk pertama kalinya. New Ducati Panigale V4 diyakini merupakan versi produksi motor balap Ducati di MotoGP (Ducati Desmosedici).

Di pagelaran EICMA 2017, Honda juga meluncurkan CRF1000L Africa Twin Adventure Sport. Tak hanya desain cantik yang diunggulkan, motorsport dari Honda ini diyakini menawarkan tingkat kenyamanan yang tinggi serta menawarkan fleksibilitas dalam berkendara. Ada juga XT1200ZE Super Ténéré dari Yamaha yang kini diperkuat dengan sistem ABS yang efisien.

Royal Enfield meluncukan dua produk teranyarnya yakni: Interceptor INT 650 and the Continental GT 650. Motor Continental GT merupakan kendaraan yang terinspirasi dari pembalap Kafe, awalnya diucapkan "caff" (seperti dalam Kaff) racer. Cafe Racer lahir di tahun 1950-an seiring dengan berkembangnya budaya balap pada masa itu. Ketika itu pebalap membeli motor dan kemudian melepaskan beberapa bagiannya agar lebih ringan saat dikendarai.

EICMA dan Ambisi Milan Jadi Ibu Kota Sepeda Motor Dunia Foto: Erwin Dariyanto


Hingga lepas siang pengunjung EICMA, terus berdatangan. Sementara pengunjung yang sudah di dalam area pameran seperti enggan pulang. Dengan telaten mereka melihat-lihat kendaraan yang dipajang.

Sesekali pengunjung menyentuh kendaraan, melihat detail mesin lalu memotretnya. Selain kendaraan ada juga yang memotret sejumlah sales promotion girl yang memang dihadirkan oleh pabrikan sebagai daya tarik. Dari satu stand pameran pengunjung pindah ke tempat lain.

EICMA dan Ambisi Milan Jadi Ibu Kota Sepeda Motor Dunia Foto: Erwin Dariyanto


Menjelang petang hari itu satu per satu pengunjung pulang dengan menenteng tas dan brosur di tangan. Pekan lalu kota Milan yang memasuki musim dingin dan bukan musim libur tetap diramaikan oleh pengujung dari berbagai negara. Mereka datang ke Milan untuk menyaksikan EICMA.

Harapan panitia EICMA untuk menyemarakkan kota Milan sepertinya tercapai. "EICMA bersiap menghidupkan kota Milan selama sepekan penuh. EICMA mengubah Milan menjadi ibu kota sepeda motor dunia dengan acara, pertunjukan, instalasi dan kegiatan yang berhubungan dengan sepeda motor di seluruh dunia," tulis EICMA dalam keterangan resminya.

Pada Minggu petang kemarin waktu Italia, pameran motor EICMA berakhir. Ribuan pabrikan sepeda motor itu kembali ke kantornya masing-masing, dengan harapan baru.

Jangan bayangkan bahwa ada transaksi jual beli di pameran motor EICMA. Tak ada transaksi di booth-booth peserta EICMA. Praktis stand-stand yang ada hanya berisi motor yang dipamerkan. Bagi yang ingin membeli motor dipersilakan langsung datang ke diler, bukan di pameran EICMA. (erd/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed