Rabu, 08 Nov 2017 12:31 WIB

Laporan dari Milan

Royal Enfield Luncurkan 2 Moge 650 cc

Erwin Dariyanto - detikOto
Foto: Erwin Dariyanto
Milan - Brumm!! Suara dentuman sepeda motor dari sebuah tayangan film terdengar di Hall 15 stand A42 Rho-Pero, Fiera Milano, Italia pada Selasa 7 November 2017. Saat layar terangkat nampaklah dua motor klasik nan elegan Royal Enfield Interceptor INT 650 dan Continental GT 650 di belakangnya.

Ratusan pengunjung yang awalnya tersebar di beberapa sudut hall mendekat ke sumber suara yang tak lain adalah stand milik Royal Enfield. Mereka bertepuk tangan saat melihat dua motor klasik produk terbaru Royal Enfiled yang hari itu resmi diluncurkan di ajang EICMA (Esposizione Internazionale del Ciclo, Motociclo, Accessori), sebuah pameran motor besar di Eropa.

Model anyar pabrikan Royal Enfield, pabrikan asal Inggris yang berdiri sejak 1901 dan pabriknya kini berpusat di Chennai, India itu tetap mengusung gaya retro klasik. CEO Royal Enfield Siddhartha Lal mengatakan, the Interceptor INT 650 adalah 'warisan' lama yang didesain ulang secara modern mengikuti gaya abad 21.

Desain dan karekter motor lama tetap dipertahankan. Namun semua mesin dirancang secara modern. Interceptor INT 650, kata Siddhartha, secara tidak langsung telah menggabungkan ketangkasan, kekuatan, gaya dan ergonomi yang sangat baik. "Sangat menyenangkan untuk mengendarainya dan Anda akan selalu tersenyum saat mengendarainya," kata Siddhartha saat konferensi pers seperti dilaporkan reporter detikOto Erwin Dariyanto dari lantai EICMA, Milan, Rabu (8/11/2017).

Royal Enfield Interceptor INT 650Royal Enfield Interceptor INT 650 Foto: Erwin Dariyanto


Interceptor aslinya adalah sebuah motor untuk pasar Amerika. Ide memproduksi Interceptor INT 650 terinspirasi dari sebuah motor santai yang menyenangkan di Pantai California Amerika Serikat pada 1960. Sang perancang membayangkan saat itu motor dalam keadaan basah kuyup. Sehingga tangki kemudian didesain berbentuk tetesan air mata, kursi kembar berlapis dan dengan stang lebar.

Ban depan dan belakang motor ini menggunakan Pirelli. Motor dilengkapi pula dengan dua peredam kejut, dan rem cakram ABS di depan dan belakang. Dengan ground clearance 174mm dan tinggi kursi 804 mm, mengendarai The Interceptor INT 650 memberikan pengalaman berkendara yang superlatif.

Adanya tabung baja khusus membuat Interceptor INT 650 menjadi motor serbaguna yang cocok dikendarai di kota. "Seperti saat akhir pekan," kata Siddhartha.

Selain Interceptor INT 650, di ajang EICMA 2017, Royal Enfield juga meluncurkan all new Continental GT 650. Sepeda motor ini tetap mempertahankan karakter pembalap dengan desain baru dan perbaikan teknik.

Continental GT 650Continental GT 650 Foto: Erwin Dariyanto


Presiden Royal Enfield Motor Rudratej 'Rudy' Singh mengatakan bahwa Continental GT 650 telah menjadi portofolio perusahaannya. Sejak diluncurkan pada 2013, Continental GT telah membantu brand tersebut memperkuat posisinya di pasar sepeda motor di seluruh dunia.

Presiden Royal Enfield Motor Rudratej 'Rudy' Singh dan CEO Royal Enfield Siddhartha Lal saat konferensi persPresiden Royal Enfield Motor Rudratej 'Rudy' Singh dan CEO Royal Enfield Siddhartha Lal saat konferensi pers Foto: Erwin Dariyanto


Dia yakin dengan desain barunya ini, all new Continental GT 650 akan disukai oleh pembalap di seluruh dunia. "Menjadi otentik, mudah diakses dan menciptakan sepeda motor yang menggugah, merupakan inti dari semua hal yang kita lakukan. Sebagai brand, kami mendorong pembalap kami dalam berekspresi diri dan eksplorasi. Gagasan inilah yang mereka hadapi, bahkan sebelum mereka membeli motor kita. The new 650 akan membantu kami memperkuat proposisi ini lebih jauh," kata Rudy di tempat yang sama. (erd/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com