Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Minggu 05 November 2017, 19:53 WIB

Jika Anda Menunggangi Mobil Sport Listrik dan Berkomunikasi dengannya

Andi Abdullah Sururi - detikOto
Jika Anda Menunggangi Mobil Sport Listrik dan Berkomunikasi dengannya Foto: Andi Sururi
Tokyo - Bayangkan jika Anda mengendarai sebuah mobil sport listrik canggih, lalu dinasihati oleh mobil Anda itu seperti ini: "Anda terlalu tegang, kurangi kecepatan sekarang."

Jika ingin mengangankan situasi seperti itu, Anda bisa berfantasi memiliki sebuah mobil bernama Honda Sports EV.

Ya, mobil masa depan itu baru-baru ini untuk pertama kalinya dipertontonkan kepada publik oleh Honda di ajang Tokyo Motor Show, 27 Oktober sampai 5 November 2017. Diluncurkan sebagai "mobil konsep", kendaraan berwarna putih elegan ini mencuri perhatian banyak pengunjung.

Pertama, ini adalah sebuah mobil listrik yang semakin digencarkan oleh para pembuat mobil dunia. Produsen raksasa Jepang itu bahkan menargetkan 65% penjualan mobil-mobil mereka di tahun 2030 adalah yang berjenis hybrid dan EV (electric vehicle). [Baca juga: Hybrid Makin Populer, Honda Target 2030 Mobil Listrik Lebih Dominan]

Kedua, Honda Sports EV mengusung aplikasi teknologi Artificial Intelligent (AI) yang dinamakan "Honda Automated Network Assistant", yang mulai mereka perkenalkan di awal 2017. Dengan aplikasi ini mobil akan "belajar dari pengemudinya dengan cara mendeteksi emosi mereka", sehingga si mobil bisa pula memberikan saran-saran berkendara tertentu, sehingga terjadi sebuah "komunikasi yang alami di antara mobil dan sopirnya".

Aplikasi teknologi itu -- berbasis pada kekuatan AI (kecerdasan buatan), robotika, dan big data – diklaim bisa menentukan tingkat stres pengemudi dari ekspresi wajah dan nada suaranya, untuk mendukung safety riding, serta membuat fungsi pertunjukan melalui perintah suara yang lebih intuitif. Gampangnya, jika si mobil telah berhasil mengenali kebiasaan ekspresi dari emosi si pengemudinya, maka keduanya akan bisa "berkomunikasi" selama perjalanan. Keren 'kan?

Honda Sports EV: Anda Mengendarai Mobil Sport Listrik dan Berkomunikasi dengannya

Honda Sports EV: Anda Mengendarai Mobil Sport Listrik dan Berkomunikasi dengannyaFoto: dok. Honda

Nah, Honda Sports EV ini menggabungkan kedua hal di atas plus kecanggihan tampilan sebuah mobil sport masa depan. Dibangun di atas platform EV spesifik, Honda menyebut model konsep ini dilengkapi dengan unit tenaga listrik yang sangat responsif yang membawakan kemudian untuk menangani bodi kompak.

"Percepatan yang kuat dan mulus digabungkan dengan ketenangan yang tenang berkat motor listriknya, serta pusat gravitasi yang rendah menyadari kemampuan manuver yang menarik, memberi isyarat kepada pengemudi dan mobilnya sebagai pengalaman yang benar-benar baru," demikian mobil ini digambarkan.

Hanya saja Honda belum mengungkapkan kapan kira-kira Honda Sports EV ini akan masuk produksi alias dijual ke publik. Jadi, untuk sementara Anda baru bisa berkhayal – dan itu bukanlah dosa.

(a2s/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +