Rabu, 25 Okt 2017 17:43 WIB

Laporan dari Tokyo Motor Show

Mobil Menteri Toyota Crown Bersolek

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Toyota Crown (Foto: Rangga Rahadiansyah) Toyota Crown (Foto: Rangga Rahadiansyah)
Tokyo - Di ajang Tokyo Motor Show 2017, Toyota turut memamerkan konsep Toyota Crown. Konsep ini dikembangkan untuk mengejar performa berkendara dan teknologi terhubung.

Konsep mobil Crown ini memadukan tradisi Crown yang lahir pada 1955 dan inovasi yang kemungkinan hadir pada mobilitas masyarakat generasi berikutnya.

"Toyota memperkenalkan kendaraan konsep untuk Crown generasi ke-15. Ini adalah visi dari model Crown generasi terbaru," kata Chief Engineer MSZ, Mid-size Vehicle Company Toyota Motor Corporation Akira Akiyama seperti dilaporkan reporter detikOto Rangga Rahadiansyah dari Tokyo Motor Show, Jepang, Rabu (25/10/2017).

Toyota Crown ini menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) terbaru. Mobil ini diklaim memiliki handling responsif, stabilitas mumpuni saat kecepatan rendah atau tinggi, di permukaan halus maupun kasar.

Toyota Crown mengimplementasikan Data Communication Modules (DCM). Toyota berharap bisa memberi nilai baru bagi konsumen dengan memanfaatkan data besar yang diperoleh dari DCM yang dipasang di kendaraan Toyota.

"Kami berencana membuat model generasi berikutnya yang dilengkapi dengan kontrol dan konektivitas canggih dengan membuat DCM menjadi fitur standar. Hal ini akan meningkatkan keamanan mobil itu sendiri, dan hubungan antara kendaraan dan kendaraan dan infrastruktur. Melalui ini, kami bertujuan untuk membuat kemajuan dalam "keselamatan yang direalisasikan oleh seluruh kota," kata Akiyama.

Beragam fitur canggih tersemat di mobil ini, salah satunya fitur pengereman otomatis. Ada juga teknologi terhubung ITS Connect, layanan teknologi terhubung yang membuat masyarakat aman secara keseluruhan. Teknologi itu terhubung dengan sistem lalu lintas dan kendaraan lainnya.

"Toyota bekerja untuk mengintegrasikan tiga elemen; orang, kendaraan, dan lingkungan lalu lintas. Dengan demikian, kami bertujuan untuk mewujudkan tujuan akhir masyarakat yang tidak mengalami kematian atau cedera akibat kecelakaan lalu lintas, atau bahkan di mana tidak ada kecelakaan lalu lintas. Untuk mencapai impian ini, dimulai dengan model ini, Crown akan hadir dengan ITS Connect bersama dengan teknologi canggih lainnya. Ini adalah langkah pertama kami, saat kami meminta para pemangku kepentingan untuk membangun infrastruktur sosial yang diperlukan," ucapnya.

Mobil ini mampu membaca data yang besar. Toyota bertujuan untuk berkontribusi dalam memecahkan masalah, misalnya dengan mengurangi kemacetan di kota melalui pemanfaatan data kemacetan lalu lintas. Selain itu, Toyota juga bertujuan untuk mendiagnosis kendaraan dari jarak jauh dengan menggunakan data kendaraan yang dikumpulkan DCM untuk memprediksi masalah kendaraan.

Toyota belum meluncurkan Crown ini. Rencananya, Toyota akan merilis mobil ini pada 2018 mendatang. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com