Rabu, 25 Okt 2017 16:15 WIB

Laporan dari Tokyo Motor Show

Keren, Mobil Listrik Nissan Bisa Jalan dan Parkir Sendiri

Dikhy Sasra - detikOto
Nissan IMx (Foto: Dikhy Sasra)
Tokyo - Mobil konsep tanpa emisi Nissan IMx menarik perhatian di Tokyo Motor Show di 2017. Mobil konsep crossover yang sepenuhnya bertenaga listrik, menawarkan sistem mobil otonom atau mobil tanpa sopir dengan jarak berkendara hingga dari 600 km.

Wakil Presiden Nissan Motor Co Daniele Schillaci mengatakan IMx merupakan mobil konsep yang memberikan sekilas gambaran akan masa depan Nissan Intelligent
Mobility.

"Kendaraan ini dirancang agar pengemudi merasa dekat dengan kendaraan yang dimilikinya atau kendaraan yang mampu beriterasi dengan pemiliknya" ujarnya di Tokyo Motor Show, seperti dilaporkan reporter detikOto Dikhy Sasra, Rabu (25/10/2017).

Teknologi IMx adalah versi auto pilot masa depan yang menawarkan operasi mandiri seutuhnya. Saat mode berkendara autopilot dipilih, sistem ini mengarahkan kemudi ke dalam dasbor dan menyandarkan semua kursi, memberikan ruang yang lebih luas kepada pengemudi agar lebih santai dan menikmati perjalanan mereka.

Bila mode berkendara manual dipilih, maka kendaraan akan mengembalikan kemudi dan jok ke posisi semula, secara otomatis dengan mulus mengembalikan kendali kendaraan kepada pengemudi.

IMx didorong dengan sepasang motor listrik berkapasitas tinggi di bagian depan dan belakang, menjadikannya all-wheel-drive. Keduanya menghasilkan daya gabungan sebesar 320 kW dan torsi 700 Nm yang mencengangkan, bersumber dari baterai berkapasitas tinggi yang telah didesain dan direkayasa ulang untuk meningkatkan kerapatan energi.

Baterai baru ini memiliki daya tempuh lebih dari 600 kilometer dengan satu kali pengisian baterai, sehingga penumpang dapat menikmati perjalanan jauh tanpa perlu khawatir akan pengisian ulang daya.

Tidak seperti kendaraan lain, Nissan IMx juga bisa berkontribusi pada infrastruktur sosial. Misalnya, setelah mengantar pemiliknya ke bandara, IMx dapat memarkir dirinya sendiri di tempat yang dapat terhubung ke jaringan listrik lokal dan bertindak sebagai pembangkit listrik "virtual" dengan mengembalikan listrik ke jaringan, pengembangan dari fitur vehicle-to-home dan vehicle-to-building. Begitu pemiliknya kembali, IMx dapat menjemput mereka dan pulang ke rumah. Seluruh proses dilakukan secara efisien, berkat peningkatan kapasitas baterai dan teknologi mobil terkoneksi, termasuk swakemudi yang mulus.

Mobil juga memiliki kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence memungkinkan pengemudi mengendalikan panel instrumen dengan gerakan mata dan tangan. Tampilan interface yang intuitif ini meminimalkan kendali manual dengan beragam tuas dan tombol, sehingga kabin IMx tampak minimalis namun sangat efisien dan nyaman.


(ds/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com