Rabu, 25 Okt 2017 14:45 WIB

Laporan dari Tokyo Motor Show

Melihat Langsung Mobil Kaisar dan CEO Perusahaan Besar

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Rangga Rahadiansyah
Tokyo - Toyota Century menjadi mobil tunggangan Kaisar dan kalangan orang sangat penting. Kini, Toyota memamerkan Century generasi terbaru.

Toyota Century terbaru yang diluncurkan pertama kali di dunia di ajang Tokyo Motor Show 2017 ini memasuki generasi ketiga.

"Kata kunci tujuan pengembangan Century baru adalah 'warisan dan evolusi'. Kami mengintegrasikan suksesi budaya monozukuri, seperti penguasaan master craftsmanship, dan evolusi sebagai perubahan model setelah selang waktu 20 tahun, seperti sistem hybrid. Kami bertujuan untuk menciptakan simbol baru Jepang dari sebuah mobil mewah yang bagus," kata Masato Tanabe, Project General Manager MSZ, Mid-size Vehicle Company Toyota Motor Corporation di Tokyo, Jepang.

Dimensi panjang dan wheelbase Toyota Century ini bertambah. Alhasil kabin mobil menjadi lebih luas. Kini Century memiliki dimensi panjang 5.335 milimeter, lebar 1.930 milimeter dan tinggi 1.505 milimeter dengan wheelbase 3.090 milimeter.

Berkat penambahan tersebut, penumpang akan lebih mudah untuk keluar masuk mobil sedan klasik dari Toyota itu karena tinggi pintu pun ikut menjadi lebih besar dan panjang.

"Mobil ini memberi kalangan VIP pengalaman duduk di belakang dengan kabin utama yang menawarkan pengalaman berkendara yang nyaman dalam situasi apa pun, mulai masuk hingga keluar. Peralatan interiornya tidak hanya didekorasi cantik, tapi dibalut dengan hiasan halus. Selain itu, kami menganggap tidak hanya tampilan interior tapi juga pemandangan dari jok belakang dan bagaimana kabin interior terlihat dari luar, saat merencanakan paket dan desain kendaraan," kata Tanabe.

Meski modelnya tetap dipertahankan klasik, lampu mobil sudah menggunakan LED adaftif sehingga jangkauan pencahayaannya sangat jauh dan jernih. Grille depan memiiki struktur ganda dengan pola mahkota.

Toyota Century ini mengadopsi sistem keselamatan Toyota Safety Sense P. Sistem itu mecakup fitur pencegah tabrakan, blind spot monitoring, dan fitur rear cross traffic.

Ban juga telah terpasang dengan yang keluaran baru sehingga mampu mengurangi getaran jalan dan mengurangi tingkat kebisingan.

Kesan mewah terpancar di bagian interiornya. Di area jok beakang, pelapis berpola heather diaplikasikan dari bagian belakang jok depan hingga trim panel pintu. Jok terbuat dari bahan kelas wahid, termasuk wol 100 persen yang fleksibel dan lembut.

Untuk kenyamanan, terdapat leg rest yang bisa disetel dan jok belakang yang dapat diatur, termasuk ada fungsi pijatnya. Panel LCD terkini yang berguna untuk memberi akses ke berbagai fungsi seperti audio, kontrol iklim, permainan, dan hal lainnya juga telah disematkan oleh Toyota.

Beragam perlengkapan hadir di mobil ini, seperti kantor berjalan. Ada meja tulis, lampu baca, sistem hiburan kursi belakang dengan layar berukuran besar, dan sistem audio premium 20 speaker.

Urusan tenaga, Toyota memasang mesin 5.0-liter 2UR-FSE V8 dengan teknologi D-4S (Direct Injection 4-Stroke Gasoline Engine Superior Version) agar mesin jadi lebih irit. Untuk membuatnya jadi semakin irit, mesin dipadukan dengan sistem hybrid. (rgr/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com