Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 19 Oktober 2017, 16:34 WIB

Preview Tokyo Motor Show

Sora, Bus Bertenaga Hidrogen dari Toyota

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Sora, Bus Bertenaga Hidrogen dari Toyota Foto: Toyota
Tokyo - Toyota Motor Corporation melihat kendaraan bertenaga hidrogen menjadi kendaraan yang dibutuhkan di masa depan. Selain mobil, Toyota juga akan membuat bus bertenaga hidrogen.

Tertulis dalam siaran persnya, Kamis (19/10/2017) mengatakan bus hidrogen itu namanya Sora1. Konsep bus sel bahan bakar tersebut akan dipamerkan di ajang Tokyo Motor Show mulai pekan depan.

Tak hanya sebagai konsep, Toyota berencana untuk meluncurkan penjualan kendaraan komersial pada 2018. Pabrikan Jepang itu berharap bisa mengenalkan lebih dari 100 unit Sora, terutama di wilayah Tokyo, menjelang Olimpiade 2020 Tokyo dan Paralimpiade.

Toyota mengembangkan konsep Sora berdasarkan visi 'ikon kota abadi'. Bus ini dibuat dengan dua gagasan, memanfaatkan karakteristik kendaraan sel bahan bakar dan untuk meningkatkan kenyamanan penumpang yang berpergian dengan rute bus.

Sora dilengkapi dengan sistem pasokan tenaga yang memberikan output dan kapasitas tinggi (output maksimal 9 kW, dan kapasitas 235 kWh). Bahkan, bus itu bisa dijadikan sumber daya darurat ketika terjadi bencana.

Toyota juga membuat bus Sora ini menjadi bus yang nyaman, dan aman. Sehingga, penumpang akan kembali menggunakan bus nyaman ini untuk mobilitasnya.

Bus dilengkapi dengan kursi horisontal dengan mekanisme penyimpanan otomatis untuk menyediakan ruang untuk kursi roda atau kereta bayu. Kursi itu menyediakan tempat duduk ekstra untuk penumpang biasa saat ruang tidak digunakan untuk kereta bayi atau kursi roda. (rgr/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed