Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 18 Oktober 2017, 13:34 WIB

Mobil Masa Depan Cocok Buat Para Jomblo

Ruly Kurniawan - detikOto
Mobil Masa Depan Cocok Buat Para Jomblo Toyota Concept-i (Foto: Rachmatunnisa)
Tokyo - Di masa depan, mobil-mobil akan bisa terkoneksi dengan manusia. Mobil memiliki kecerdasan buatan yang membuat mobil bisa mengenali emosi pengendara atau penumpangnya.

Seperti halnya Toyota, sejak Januari lalu, Toyota sudah memperlihatkan aneka mobil tanpa sopir dengan kecerdasan buatan untuk mengantisipasi persaingan di masa depan.
Toyota Concept-iToyota Concept-i Foto: Rachmatunnisa

Mobil konsep yang disebut Concept-I oleh Toyota ini telah usai melakukan pertamanya di Consumer Electronics Show 2017 pada bulan Januari lalu. Kini, mobil yang telah dilengkapi sistem kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) itu akan dites pada 2020 nanti.

"Dengan menggunakan teknologi kecerdasan buatan, kami ingin memperbesar dan menambah pengalaman berkemudi yang lebih menakjubkan," kata General Manager Toyota Makoto Okabe dilansir dari Reuters, Rabu (18/10/2017).

Sebagai informasi, Concept-i memiliki daya jelajah hingga 300 kilometer dengan sekali charge saja. Yang membuatnya unik, dipastikan pengendara takkan merasa sendirian lagi di mobil karena akan ditemani oleh asisten dengan bentuk AI yang bernama Yui. Jadi cocok nih bagi yang jomblo.

Yui mampu berinteraksi atau berbincang-bincang dengan pengemudinya, mengingatkan apabila sang pengemudi sudah lelah, hingga mampu membaca ungkapan, bertindak,dan membaca emosi. Saat pengemudi beserta penumpang ingin masuk ke dalam mobil, ia akan muncul di panel pintu untuk menyambutnya pengendara. Aih, so sweet ya?

Tak hanya itu, Yui juga dirancang untuk mampu berkomunikasi lintas budaya ke khalayak global. Ditempatkan di dashboard bersama dengan display lebar, lampu yang lebih berwarna, dan lainnya, Yui dapat memberikan pesan atau peringatan apabila terdapat potensi berbahaya ketika sedang mobil dikendarai. Ia juga akan mengomunikasikan terkait mode yang akan digunakan pada Concept-i apakah ingin melaju dengan manual atau mode otomatis.

Selain Toyota, Ford juga berinvestasi sebesar US$ 1 miliar untuk mengembangkan Argo AI, sebuah start-up yang dipimpin oleh mantan karyawan Uber. Start up ini bertujuan untuk mengembangkan mobil otonom. Pesaingnya General Motors Co juga sudah membuat start up.

Kembali ke Jepang, Honda dan Softbank Corp sudah mengumumkan kerja sama mereka dalam mengembangkan teknologi robotik yang bisa membuat mobil berkomunikasi dengan pengendaranya.

(ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed