Sudah Ada Rear Wiper, Alasan Xpander Tak Pakai Defogger

Dina Rayanti - detikOto
Minggu, 20 Agu 2017 15:17 WIB
Foto: Dina Rayanti
Tangerang - Rasanya fitur defogger alias penghilang embun yang terpasang di kaca mobil belakang bukanlah fitur istimewa untuk mobil-mobil saat ini. Namun rupanya Mitsubishi tak memasang fitur tersebut pada MPV terbaru andalannya, Xpander.

Itu menjadikannya cukup berbeda dengan model-model sekelasnya yang sudah menggunakan defogger agar membantu visibilitas pengendara.


PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengaku fungsi defogger masih bisa digantikan oleh wiper belakang.

"Saat perencanaan produk kita melihat apa yang dimiliki kompetitor kita lengkapi dengan rear wiper jadi kendala fogging di belakang bisa diatasi dengan rear wiper. Tapi tidak menutup kemungkinan untuk menambah defogger kedepannya," kata Head of Product Planning Department MMKSI, Guntur Harling di arena GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show), Tangerang.

Xpander sendiri dikembangkan oleh Mitsubishi selama tiga tahun sebelum akhirnya diluncurkan di pasaran.


Mitsubishi Xpander akan diproduksi di pabrik baru Mitsubishi Motors Corporation (MMC) di wilayah Bekasi, Jawa Barat. Rencananya, Mitsubishi akan memproduksi 80.000 unit per tahun, termasuk rencana ekspor ke ASEAN dan beberapa pasar lainnya mulai 2018. (dry/ddn)