Minggu, 20 Agu 2017 14:36 WIB

GIIAS 2017

Mobil Diesel Mana yang Cocok Pakai Dexlite atau Dex?

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Ertiga diesel dengan Dexlite sudah cukup (Foto: Rangga Rahadiansyah) Ertiga diesel dengan Dexlite sudah cukup (Foto: Rangga Rahadiansyah)
Tangerang - Di Indonesia, mobil berbahan bakar diesel masih kurang populer dibanding mobil bensin. Banyak alasannya, salah satunya adalah kualitas Solar yang belum bagus.

PT Pertamina (Persero) sudah memiliki BBM diesel yang lebih bagus dari Solar yakni Dex dan Dexlite. Kedua produk BBM diesel ini bisa didapatkan dengan mudah.

Officer Public Relation Retail Fuel Marketing PT Pertamina (Persero) Galih Fithrian Ningrum dalam Diesel Talk di arena Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) mengatakan Dex merupakan produk emas atau unggulan dari Pertamina.

Dex memiliki cetane number yang tinggi, bisa membersihkan mesin kendaraan, kadar sulfur rendah, mencegah karat, mencegah foaming dan mencegah kontamisasi air, sehingga mesin diesel lebih awet.

"Dex bisa digunakan di mobil apa saja? Contohnya Pajero Sport, Captiva, Mercedes-Benz GLK dan Toyota Fortuner," ujarnya.

Sementara Dexlite yang lebih terjangkau harganya dan memiliki aditif cocok untuk mobil seperti Suzuki Ertiga diesel, Toyota Kijang Innova diesel dan Chevrolet Spin diesel.

"Untuk persebaran SPBU-nya untuk Dex ada 1.479 SPBU dan Dexlite 1.488 SPBU. Untuk mencari SPBU yang menyediakan Dex bisa menggunakan aplikasi MyPertamina," ujarnya.

Commercial Retail Fuel Marketing PT Pertamina (Persero), Deny Djukardi menambahkan Pertamina terus melakukan edukasi kepada konsumen otomotif mengenai kualitas berbagai produknya. Di antaranya Pertamina Dex dan Dexlite yang merupakan bahan bakar untuk kendaraan bermesin diesel. Dex series ini juga memiliki keunggulan dibanding Solar Bersubsidi.

"Dengan memakai Pertamina Dex dan Dexlite, mesin menjadi bertenaga, dan jauh lebih efisien, jika dibandingkan dengan Solar, " ujarnya.

Menurut Deny, penjualan Pertamina Dex digencarkan untuk merespon semakin berkembangnya kendaraan diesel yang membutuhkan performa yang lebih baik. Dengan Pertamina Dex, mereka akan mendapatkan sensasi pengalaman berkendara dengan performa maksimal dan powerful. Sementara Dexlite untuk merespon adanya kebutuhan pengguna mobil diesel untuk operasional sehari-hari yang lebih hemat.

Secara kualitas, lanjut Deny, kedua BBM Diesel lebih unggul, karena Pertamina Dex dan Dexlite memiliki Cetane Number (CN) yang lebih besar dari Solar. Pertamina Dex memiliki kandungan CN sebesar 53, Dexlite CN 51. Sementara Solar kandungan CN sebesar 48. "Karena itu, Pertamina Dex dan Dexlite lebih nendang untuk mobil diesel dibanding dengan solar," tegasnya.

Dari segi emisi Pertamina Dex dan Dexlite lebih baik ketimbang Solar, Solar memiliki kandungan sulfur maksimal 2.500 ppm, sementara Pertamina Dex maksimal 300 ppm dan Dexlite maksimal 1.200 ppm.

Sementara itu, keunggulan Pertamina Dex, selain memiliki CN 53 dan rendah sulfur bisa membersihkan mesin, mencegah karat, kontamisasi air dan foaming. "Pendek kata Pertamina Dex sangat tepat bagi kendaraan diesel yang menginginkan performa maksimal dan powerful," pungkas Deny. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed