Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 17 Agustus 2017, 18:43 WIB

Suzuki Siap Dukung Mobil Listrik UGM Ini Bertarung di Jepang

Ruly Kurniawan - detikOto
Suzuki Siap Dukung Mobil Listrik UGM Ini Bertarung di Jepang Foto: dok. Istimewa
Jakarta - Mobil listrik karya mahasiswa Universitas Gadjah Mada yang disapa Arjuna IPC yang telah dikembangkan sejak 2012 siap kembali uji ketangguhan di Shizuoka, Jepang 5-9 September 2017. Suzuki pun siap mendukung dengan memberikan support penuh demi mendapatkan hasil terbaik.

Tidak tanggung-tanggung kejuaraan tersebut akan diikuti berbagai mobil listrik dari seluruh Asia seperti China, Jepang, Singapore, Malaysia, dan lainnya.
"Dari awal kita buat mobil listrik ini sejak 2012 dan terus dikembangkan sehingga sekarang kami sudah siap. Mobil 2017 kami sudah lebih efektif, pengereman dan gas-nya sudah baik pula walau masih independen," papar Luqman Adi Prasetya selaku ketua tim riset mobil listrik Arjuna UGM kepada wartawan di area GIIAS kemarin (16/08/2017).

Mobil listrik tersebut telah disempurnakan dengan memakai motor ENSTROJ - Emrax 208, 80Kw Low Voltage yang dikawinkan dengan batrai Samsung 2500 Ah 3.7V lithanium ion. "Memakai Kelly KBL 96351E, 24-96V 350A, BLDC mobil kami sudah bisa mencapai laju maksimum 80-100 km," ujar Luqman.

"Fokus kami pada mobil ini pada percepatan, kecepatan, dan slalom. Semua sudah disempurnakan," tambahnya.

Menggunakan 13 OZ Racing pada rim depan dan 13 Engkei di rim belakang yang dipasang ban dari hooster ukuran 20.5 x 7.0 - 13(slick), mobil listrik buatan Arjuna lebih ringan dan slalom yang baik. "Mobil kita buat lebih sempurna untuk slalom dengan ukuran ban yang pas dan grip yang telah dipasang dengan merk Tokico & Bremboo," paparnya.

Untuk menambah kesolid-an berkendara, ia menyisipkan suspensi Sram rock Shock Vivid R2C dengan drivetrain LSD Drefler Drifferential. Wheel track nya pun telah dirancang sebesar 1300mm dan wheel base 1550mm.

Tidak bertarung sendiri, tim Arjuna dari UGM ini mendapat dukungan dari Suzuki dalam hal pendanaan. "Sebuah kebanggaan tersendiri untuk kami karena Suzuki mau berkolaborasi demi kesuksesan kami di Jepang nantinya," ujar Luqman. (lth/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Baru Beberapa Hari, Xpander Dicium Truk

    Baru Beberapa Hari, Xpander Dicium Truk

    Selasa, 21 Nov 2017 16:21 WIB
    Ketangguhan mobil buatan Bekasi, Mitsubishi Xpander langsung diuji oleh sebuah truk. Xpander yang baru beberapa hari umurnya, 'dicium' oleh truk Mitsubishi Fuso
  • Tesla Perlihatkan Mobil Tercepat Dunia

    Tesla Perlihatkan Mobil Tercepat Dunia

    Selasa, 21 Nov 2017 15:30 WIB
    Mobil listrik kian tak terkejar. Produsen mobil listrik asal Amerika, Tesla baru saja memperlihatkan mobil Roadster yang sangat ngebut.
  • Karimun Estillo Bergaya Rally Look

    Karimun Estillo Bergaya Rally Look

    Selasa, 21 Nov 2017 15:19 WIB
    Bingung mau memodifikasi mobil Suzuki Karimun Estilo? Hal ini sepertinya tidak berlaku untuk Ginanjar Utardi. Penasaran?
  • Peredam Kejut KYB Dominasi Pasar

    Peredam Kejut KYB Dominasi Pasar

    Selasa, 21 Nov 2017 14:43 WIB
    Tanpa peredam kejut, kendaraan pasti tidak enak dikendarai. Namun Otolovers tahu, mana yang paling banyak di pasaran merek peredam kejut?
  • Mobil Tanpa Sopir Masuk Anggaran Inggris

    Mobil Tanpa Sopir Masuk Anggaran Inggris

    Selasa, 21 Nov 2017 14:13 WIB
    Mobil tanpa sopir akan menjadi teknologi kendaraan canggih di masa depan. Bahkan, Inggris pun tak menampik kemungkinan bakal maraknya mobil itu di masa depan.
  • Toyota Avanza Frozen Show Off

    Toyota Avanza Frozen Show Off

    Selasa, 21 Nov 2017 13:37 WIB
    Ide untuk memodifikasi memang datang dari mana saja, salah satunya dari karakter film Frozen.
  • Ih Jorok, Mobil-mobil Dipenuhi Sampah

    Ih Jorok, Mobil-mobil Dipenuhi Sampah

    Selasa, 21 Nov 2017 13:36 WIB
    Mobil sering kali menjadi tempat penyimpanan barang bagi sebagian orang. Tapi ada kalanya barang yang disimpan menumpuk dan malah jadi sampah.