Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 17 Agustus 2017, 07:45 WIB

UGM Bareng Suzuki Akan Adu Kebolehan Mobil Listrik

Ruly Kurniawan - detikOto
UGM Bareng Suzuki Akan Adu Kebolehan Mobil Listrik Foto: Ruly Kurniawan
Tangerang - Tidak hanya memamerkan lini produk menarik pada GIIAS 2017, Suzuki juga berikan dukungan terhadap inovasi generasi muda dalam merakit mobil listrik. Kali ini Suzuki akan mendukung tim riset Universitas Gajah Mada Yogyakarta, 'Arjuna', unjuk kebolehan di ajang Formula Student Automotive Engineer 2017 di Jepang.

Ajang tersebut merupakan ajang tahunan yang bertujuan mengembangkan sumber daya manusia yang melalui dukungan pemerintah, industri, dan akademi, akan berkontribusi dalam pengembangan dan promosi baik teknologi maupun industri otomotif dengan para siswa berperan penting dalam perencanaan, rancangan dan perakitan automobile dalam kompetisi kemampuan monozukuri (keahlian) yang komperhensif.

"Sebuah kebanggaan tersendiri untuk kami karena Suzuki mau berkolaborasi demi kesuksesan kami di Jepang nantinya," ujar Luqman Adi Prasetya selaku ketua tim riset mobil listrik Arjuna UGM.

Akan bertarung di Shizuoka, Jepang, pada 5-9 September 2017, meski belum mendapat dukungan dari Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristek), tim Arjuna sudah siap bertarung.

"Dari awal kita buat mobil listrik itu di 2012 dan terus dikembangkan sehingga sekarang kami sudah siap. Mobil 2017 kami sudah lebih efektif, pengereman dan gas nya sudah baik pula walau masih independen. Mobil kami, Arjuna IPC telah memiliki berbagai penyempurnaan dan kini bisa melaju dengan kekuatan maksimal 80-100km," papar Luqman.


Head of Brand Development & Marketing Research PT SIS, Harold Donnel, menambahkan Kerjasama Suzuki dengan Tim Arjuna merupakan blue-print untuk wajah Suzuki dimata masyarakat, akan keterlibatannya dalam proses pembuatan mobil listrik karya mahasiswa.

"Kedepan, kita berharap dapat merangkul berbagai entitas lagi agar dapat menambah kemampuan SDM Indonesia di ranah otomotif," tambah Donnel. (lth/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed