Selasa, 15 Agu 2017 11:52 WIB

GIIAS 2017

Wintor, Mobil Desa ala Astra

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Wintor (Foto: Dadan Kuswaraharja) Wintor (Foto: Dadan Kuswaraharja)
Tangerang - Di arena Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) PT Astra International Tbk melalui anak perusahaannya PT Astra Otoparts Tbk menampilkan alat angkut serbaguna bernama Wintor. Mobil ini bisa jadi adalah mobil desa ala Astra.

Wintor diperkuat dengan mesin diesel bertenaga 10 hp dengan konsumsi solar 0,5 liter per jam. Mobil hanya bisa memuat 2 orang dengan daya angkut 400-500 kg.



Untuk menyalurkan tenaga tadi digunakanlah transmisi 3 percepatan dan 1 gigi mundur. Karena dipakai di pedesaan atau perkebunan, mobil hanya bisa menempuh kecepatan maksimal 30 km per jam.

86 Persen komponen lokal mobil sudah diproduksi di Indonesia. Saat ini Wintor telah digunakan sebagai alat angkut kelapa sawit di berbagai perusahaan perkebunan sawit di Indonesia.

Proses desain dan produksi Wintor saat ini dilakukan oleh Velasto Indonesia dengan kandungan komponen lokal mencapai 86%. Sejak tahun 2013, sudah ada 1.177 Wintor yang tersebar di berbagai lokasi di Indonesia dan mulai diekspor ke Malaysia.

Pada akhir Juli 2017, Presiden Joko Widodo mengunjungi acara peresmian ekspor perdana Wintor di Divisi Engineering Development Center Astra Otoparts di Cikarang, Jawa Barat.


  Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartarto (tengah) didampingi Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto (ketiga kiri), Presiden Direktur PT Astra Otoparts Tbk Hamdhani Dzulkarnaen (kedua kanan), Ketua Pengurus Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) Henry C. Widjaja (kanan), Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian RI I Gusti Putu Suryawirawan (ketiga kanan), Direktur PT Velasto Indonesia Reiza Treistanto (kedua kiri) dan penggagas Wintor sekaligus Head of Operation Division PT Velasto Indonesia (Grup Astra Otoparts) Muhamad Yasin (kiri) Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartarto (tengah) didampingi Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto (ketiga kiri), Presiden Direktur PT Astra Otoparts Tbk Hamdhani Dzulkarnaen (kedua kanan), Ketua Pengurus Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) Henry C. Widjaja (kanan), Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian RI I Gusti Putu Suryawirawan (ketiga kanan), Direktur PT Velasto Indonesia Reiza Treistanto (kedua kiri) dan penggagas Wintor sekaligus Head of Operation Division PT Velasto Indonesia (Grup Astra Otoparts) Muhamad Yasin. (kiri) Foto: Pool/Astra

"Dengan berbagai kelebihan yang dimilki, Wintor siap untuk masuk di pasar internasional dengan membidik Malaysia sebagai negara dengan perkebunan kelapa sawit terluas kedua di dunia, setelah Indonesia. Malaysia diharapkan dapat menjadi pasar potensial ke depan untuk pemasaran Wintor," tulis Astra dalam siaran pers.



(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
CNN ID
×
Layar Pemilu Terpercaya
Layar Pemilu Terpercaya Selengkapnya