Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 11 Agustus 2017, 18:41 WIB

JK: Mobil Listrik Bakal Kurangi Beban Subsidi BBM

Khairul Imam Ghozali - detikOto
JK: Mobil Listrik Bakal Kurangi Beban Subsidi BBM Wapres mengunjungi booth Lexus (Foto: Ari Saputra)
Tangerang - Mobil listrik praktis akan mengurangi penggunaan BBM (Bahan Bakar Minyak). Itu berarti subsidi untuk BBM juga akan berkurang. Begitu pandangan Wapres Jusuf Kalla.

"Tentu karena ini kalau mobil listrik artinya pemakaian bahan bakar menurun, BBM (Bahan Bakar Minyak) itu kan mesti disubsidi, nah itu berarti mengurangi juga konsumen subsidi," ujarnya kepada wartawan, usai pembukaan GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) ICE BSD, Tangerang, Jumat (10/8/2017).

Selain mempercepat pembangunan infrastruktur, insentif juga dianggap akan mendorong proses beralihnya mobil konvensional ke mobil listrik. Jusuf Kalla mengatakan, insentif tersebut lebih mengarah ke Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM)

"Sehingga kalau kita turunkan PPnBM-nya pada fungsi dalam negeri, tentu juga sesuatu yang baik," ucapnya.

Maka dengan adanya insentif tersebut, pihak swastalah yang dalam hal ini produsen kendaraan mempunyai pekerjaan rumah untuk mengembangkan teknologi mobil listrik. "Pemerintah tidak punya konsep gitu kan, ini teknologinya harus international standart, tapi sama saja, toh yang kerja yang kena pajak orang Indonesia," pungkas JK. (khi/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed