Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 11 Agustus 2017, 13:53 WIB

Jangan Khawatir Listrik Byar Pet kalau Dipakai Ngecas Mobil Listrik

Dina Rayanti - detikOto
Jangan Khawatir Listrik Byar Pet kalau Dipakai Ngecas Mobil Listrik Wapres JK saat meninjau pameran GIIAS (Foto: Ari Saputra)
Tangerang - Pemerintah saat ini sedang mendorong agar industri otomotif mulai beralih mengembangkan mobil yang lebih ramah lingkungan. Bahkan dorongan itu datang langsung dari Presiden Joko Widodo yang menginstruksikan agar Indonesia mulai mengembangkan mobil listrik.

Namun masih banyak hal yang perlu dibenahi oleh pemerintah terutama dari segi infrastruktur. Mobil listrik misalnya membutuhkan fasilitas pengecasan. Di Indonesia, PLN mengklaim sudah memiliki 479 stasiun pengisian listrik umum (SPLU) yang disediakan untuk motor listrik.

Belum lagi jika mobil listrik sudah mulai berkembang, pastinya jumlah SPLU harus terus ditingkatkan agar tak menyusahkan pengendara ketika kehabisan baterai di jalan juga dengan kapasitas listrik yang besar pastinya dibutuhkan. Terkait hal tersebut Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan tak perlu khawatir akan ketersediaan listrik.

"Jangan khawatir karena setiap 5 tahun pemerintah setidak-tidaknya akan membangun 35000 MW, jadi tantangan sumber daya listriknya. Karena bayangkan kalau tiap malam, 2 juta mobil dicas itu berapa megawatt yang dibutuhkan, belum lagi kalau 150 juta HP dicas dalam waktu bersamaan, tentu kebutuhan listriknya akan melonjak di waktu malam hari," kata Wapres JK di sela-sela pembukaan Gaikindo International Automotive Conference, ICE BSD, Tangerang, Jumat (11/8/20170.

"Jadi nanti jika ini terlaksana pada 10 tahun yang akan datang, atau 7 tahun lagi, seperti yang disampaikan 20 persen (400.000) pada 2025, maka di Indonesia tidak ada lagi peak hour, semua akan peak sampai subuh peak karena ada charger mobil, jutaan di seluruh Indonesia. Maka kita juga siap berikan infrastrukturnya, dan teknologinya pasti akan kita capai," lanjut JK.

(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +