Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 04 Mei 2017, 16:15 WIB

IIMS 2017

Anak-anak Juga Bisa Punya SIM Sendiri

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Anak-anak Juga Bisa Punya SIM Sendiri Foto: Dyandra Promosindo
Jakarta - Safety driving atau cara berkendara yang aman perlu diajarkan ke anak sejak dini. Ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017, bukan hanya digunakan para pelaku industri otomotif untuk adu keren produk atau mengenalkan teknologinya, namun ada juga program keselamatan berkendara untuk anak-anak.

Jadi di IIMS 2017 ini, tak hanya orang dewasa yang dapat menikmati untuk mencoba mobil baru di arena Test Drive. Di Hall C3, JIExpo Kemayoran, tersedia area Road Safety for Children dimana anak-anak yang diajak kedua orang tuanya ke IIMS 2017 dapat juga merasakan asiknya berkendara di "jalanan".

Yang berbeda, di Road Safety for Children, anak-anak bermain sekaligus diedukasi mengenai keselamatan berkendara dan tata tertib berlalu-lintas dengan cara yang menyenangkan. Anak-anak dapat merasakan langsung simulasi berkendara di perkotaan melalui miniatur jalan raya dengan menggunakan mobil-mobilan listrik, lengkap dengan segala rambu lalu-lintas dan berbagai skenario berkendara yang mungkin terjadi.

Road Safety For Children digelar oleh TMC Polda Metro Jaya bekerjasama dengan PT Blue Bird Tbk di arena IIMS 2017.

"Dalam kegiatan ini, kami memberikan mengenalkan rambu rambu, bagaimana cara mengendarai dan juga kelengkapan surat seperti SIM dan surat kendaraan. Selain itu juga mengikuti arahan dari petugas. Memberi edukasi kepada anak kecil agar tidak takut kepada polisi. Karena banyak orang tua yang menanamkan jika anak berbuat salah akan dimarahi oleh polisi. Hal tersebut sebenarnya salah. Disini polisi memberikan edukasi dengan berinteraksi langsung kepada anak anak dengan memberi arahan ketika sedang mengikuti edukasi di IIMS ini," ujar petugas dari NTMC Korlantas Polri, Briptu Satrya Gunawan, di Hall C3 JI Expo Kemayoran, Jakarta Utara.

Acara ini bertujuan untuk memberikan pendidikan keselamatan berlalu lintas sejak dini, dalam arena program ini, terdapat taman lalu lintas, dimana anak – anak dapat melakukan test drive dan mendapatkan driving license/ SIM A selama IIMS berlangsung, dari 27 April – 7 Mei 2017. Setelah semua prosedur selesai, anak-anak bisa mengikuti arahan dan dapat mengikuti permainan dengan mengendarai mobil yang didampingi petugas kepolisian lalu lintas yang memandu pentingnya safety driving, pengenalan marka jalan dan etika berlalu lintas.

"Memberi edukasi yang lebih mudah kepada anak adalah melalui orang tua dengan mencontohkan langsung. Misalnya dengan memakai helm ketika sedang ke warung menggunakan sepeda motor. Etika berkendara setiap orang tua juga sangat berpengaruh kepada anak," tambah Satrya.

Sementara itu Direktur Marketing PT Blue Bird Tbk, Amalia Nasution mengatakan, selain memberi edukasi kepada anak-anak, program ini juga merupakan persembahan Blue Bird dalam rangka ulang tahunnya yang ke 45.

"Karena kita menyadari pentingnya pembentukan karakter agar anak-anak mengerti, peduli dan bertindak berdasarkan nilai-nilai sadar etika berlalulintas. Hal ini Bisa berdampak dalam menanggulangi masalah kedisiplinan berlalu lintas masyarakat," tuturnya.

IIMS Road Safety for Children yang berupa taman lalulintas memang menjadi salah satu favorit keluarga. Dengan konsep bermain mobil-mobilan di taman dan lintasan penuh warna, anak-anak usia 6-12 tahun mendapat bekal soal rambu-rambu dan tata krama berlalulintas, termasuk akibat yang ditimbulkan pada diri sendiri maupun orang lain jika tidak mematuhi peraturan. Pembekalan itu menjadi efektif karena dipandu oleh kakak-kakak Polwan yang cantik, ramah, dan memiliki pengetahuan tentang psikologi anak.

Kegiatan Road Safety for Children ini akan terus berlangsung sepanjang IIMS 2017 setiap harinya dibuka mulai pukul 11.00 hingga 21.00 WIB, hingga tanggal 7 Mei 2017 nanti. Tahun 2016 lalu, Road Safety for Children mencetak hingga 5.000 lembar SIM untuk anak-anak.



(khi/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed