Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 04 Mei 2017, 15:40 WIB

Pasar SUV Lesu di Awal Tahun, Ini Kata Chevrolet

Alfiza Satrio - detikOto
Pasar SUV Lesu di Awal Tahun, Ini Kata Chevrolet Foto: Alfiza Satrio
Jakarta - Pada kuartal pertama tahun ini, penjualan SUV di semua segmen menunjukkan grafik yang kurang mengesankan jika dibandingkan dengan performa tahun lalu.

Di segmen low SUV selama Januari-Maret 2017 ada 29.523 unit yang terjual, lebih rendah dari tahun sebelumnya yang mencapai 37.721 unit. Untuk segmen SUV yang lebih tinggi juga turun, dari 19.784 unit menjadi 15.083 unit. Tak pelak hal ini menjadi perhatian para pabrikan yang sedang gencar-gencarnya memasarkan produk SUV mereka.

Salah satunya adalah Chevrolet yang baru saja meluncurkan SUV 7-seater mereka, The All-New Trailbalzer.

Meski mengakui adanya penurunan minat SUV di awal tahun, President Director GM Indonesia, Gaurav Gupta menyatakan bahwa angka tersebut masih belum bisa menjadi indikator performa SUV untuk tahun ini.

"Kita tidak bisa melihat hanya dari perbulan atau per kuartal. Kita harus lihat nanti per tahun, karena kita masih punya sekitar 8 bulan lagi," jelas Gaurav di arena Indonesia International Motor Show, Kamis (4/5/2017).

Ia menambahkan bahwa Chevrolet masih optimistis bahwa pasar SUV akan kembali membaik di paruh kedua tahun ini. Hal ini ia utarakan dengan melihat perkembangan minat konsumen terhadap produk SUV mereka, seperti Trailblazer, yang dikatakan cukup memuaskan. Gaurav yakin SUV akan tetap bisa menarik minat pasar seperti yang terjadi pada tahun 2016 lalu.

"Tahun lalu saja pasar SUV berkembang hampir 45 peren. Untuk SUV-D, kelasnya Trailblazer ini, peningkatannya bahkan sampai 95 persen. Lagipula, pertumbuhan SUV ini juga masih jauh lebih baik dari van atay IPC," pungkas Gaurav.

Serahkan Trailblazer ke Kamar Dagang Amerika

Ajang IIMS dijadikan momen bagi pabrikan asal Amerika, Chevrolet, untuk semakin menunjukkan komitmennya untuk tumbuh dan berkembang di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan berlangsungnya acara seremonial penyerahan unit The All-New Trailblazer oleh Chevrolet kepada American Chamber of Commerce (AMCHAM) atau Kamar Dagang Amerika.

Pasar SUV Lesu di Awal Tahun, Ini Kata ChevroletFoto: Alfiza Satrio


Acara yang berlangsung di hall A3, JI Expo, Kemayoran, ini dihadiri oleh President Director GM Indonesia Gaurav Gupta dan Managing Director AMCHAM Lim Neumann.

Gaurav mengatakan bahwa kemitraan yang terjadi antara kedua pihak merupakan upaya Chevrolet untuk semakin berkembang di Indonesia.

"Hari ini dengan bangga kami mempersembahkan The All-New Chevrolet Trailblazer kepada AMCHAM yang merupakan mitra strategis dalam upaya kami untuk mengembangkan bisnis dan investasi di Indonesia," ujar Gaurav.

Saat ini Chevrolet merupakan satu-satunya merek kendaraan asal Amerika yang terdaftar dan aktif di AMCHAM. Kegiatan ini juga menjadi langkah Chevrolet untuk memberikan pemahaman produk kepada pengguna sehingga berdampak positif bagi perkembangan Chevrolet di Indonesia. (ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed