Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 01 Mei 2017, 14:27 WIB

IIMS 2017

Ini Satu-satunya Hatchback yang Punya Sunroof

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Ini Satu-satunya Hatchback yang Punya Sunroof Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Kalau ingin melawan hegemoni Honda Jazz atau Toyota Yaris, produsen mobil lawan harus bisa berpikir kreatif dalam mengembangkan fitur.

Produsen mobil Kia, contohnya, agar bisa melawan Jazz dan Yaris, Kia memasang aneka fitur menarik di hatchback Kia Rio. Salah satunya sunroof. Ya di mobil sekecil ini, Kia berani memasangnya.

"Ini satu-satunya hatchback yang punya sunroof," ujar PR Manager Group PT Kia Mobil Indonesia Lawindri saat berbincang dengan detikOto di booth Kia, di arena Indonesia International Motor Show, Senin (1/5/2017).

Sunroof Kia RioSunroof Kia Rio Foto: Dadan Kuswaraharja


Selain sunroof, mesin juga menggunakan mesin yang baru. Jika Rio lama masih menggunakan mesin Gamma CVVT 1.4 liter yang menghasilkan tenaga 107 ps, maka di Rio yang baru, mesin sudah pakai generasi baru yakni mesin Kappa 1.4 liter, CVVT pun sudah dual, dengan tenaga yang sedikit diturunkan menjadi 100 ps.

Mesin Kia RioMesin Kia Rio Foto: Grandyos Zafna


Fitur lain yang baru adalah lampu utamanya yang sudah mengusung bi function headlamp dihiasi dengan lampu alis Daytime Running Light LED. Spionnya juga bisa terlipat otomatis kalau mesin mobil dimatikan.

Lampu proyektornya lebih tebalLampu proyektornya lebih tebal Foto: Grandyos Zafna


Kia RioKia Rio Foto: Grandyos Zafna


Sayang audionya masih standar, belum touch screen tapi modelnya sudah model audio zaman sekarang, floating. Jadi audionya seperti menonjol keluar dari dashboard. Koneksi telepon dengan bluetooth pun sudah tersedia.

Audio Kia RioAudio Kia Rio Foto: Dadan Kuswaraharja


Untuk sistem keselamatan ada dual airbag untuk pengendara dan penumpang di samping. Kia menjual Rio dengan harga Rp 250 juta untuk tipe manual dan Rp 265 juta untuk tipe otomatis. Jika masih kesengsem dengan model lama, Kia masih menyediakannya dengan harga Rp 195 juta (M/T) dan Rp 209 juta untuk tipe otomatis.

Setir Kia RioSetir Kia Rio Foto: Grandyos Zafna

"Kalau mau beli mobil tapi gak kepikiran jual, coba elu pakai Kia Rio," begitu komentar seorang pengunjung di arena IIMS. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed