Laporan dari Bangkok

Skuter Futuristik Si Garpu Tala

Imam Wahyudiyanta - detikOto
Kamis, 06 Apr 2017 10:38 WIB
Foto: Imam Wahyudiyanta
Bangkok - Yamaha Thailand meluncurkan skuter matik terbarunya di Bangkok International Motor Show. Mengejutkan, karena produk baru ini mempunyai dimensi fisik futuristik yang out of the box bila dibandingkan dengan skuter matik kebanyakan.

Adalah Yamaha QBIX 125 Blue Core 2017 namanya. Bila skuter matik kebanyakan mempunyai bentuk bundar membulat melengkung, maka QBIX merupakan perpaduan antara bentuk kotak membulat melengkung. Beberapa bagian badannya memang berbentuk kotak, namun meniadakan sudut lancip yang diwujudkan dengan bulatan melengkung.

QBIX tercipta dari motor konsep 'Beyond The Limits'. Dari bentuknya, kita bisa tahu bahwa konsep ini merupakan perwujudan masa depan dan digital. Karena itu tak heran jika QBIX mempunyai tagline The Digital Automatic Bike. Tentu saja kawula muda adalah sasaran motor ini.

QBIX mempunyai lampu depan LED berbentuk kotak yang diletakkan di cover bodinya yang bertumpuk. Lampu seinnya ditempatkan di penghujung sisi bawah body depan kanan dan kiri.

Fitur yang dibenamkan pada skuter matic ini adalah panel full digital LCD, smartkey system, answer back system, stop and start system. Fitur terakhir adalah mesin akan mati jika idle selama 5 detik setelah melaju di atas kecepatan 20 km/jam. Mesin akan hidup kembali saat gas diputar.

Fitur lain yang ditawarkan adalah adanya mobile charger pada saku (console box). Jadi, tak perlu bingung saat sedang kehabisan daya baterei di jalan saat mengendarai motor ini. Oh ya, satu-satunya console box di motor ini bisa ditutup. Untuk menyimpan helm atau barang, motor ini menyediakan bagasi lapang bekapasitas 22,5 L.

QBIX menggunakan mesin seperti yang digunakan Mio M3 125 Blue Core. Mesin dengan 125 cc SOHC ini mampu menghasilkan tenaga 9,5 hp pada putaran 8.000 rpm dengan torsi 9,6 Nm pada putaran 5.500 rpm. Yamaha mengklaim konsumsi bahan bakar QBIX irit dengan teknologi efisiensinya.

QBIX mempunyai tiga varian yang ditawarkan yakni standar, S, dan ABS. Pembeda antara varian standar dengan S dan ABS adalah dimensi S dan ABS yang lebih lebar 30 mm dibanding dengan standar. Varian ABS memiliki sistem anti penguncian ban saat pengereman. QBIX menggunakan ban 12 inchi. (iwd/ddn)