Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 13 Maret 2017, 13:51 WIB

Laporan dari Jenewa

SUV Anyar dari Volvo Ini Bisa Kurangi Polusi

Dina Rayanti - detikOto
SUV Anyar dari Volvo Ini Bisa Kurangi Polusi Foto: Dina Rayanti
Jenewa - Produsen mobil asal Swedia, Volvo akhirnya mengungkapkan premium SUV buatannya, XC60 di Geneva Motor SHow 2017. Kehadiran XC60 versi terbaru ini menggantikan posisi XC60 sebelumnya yang telah mendekati 9 tahun semenjak peluncuran pertamanya dan hampir terjual satu juta unit secara global.

XC60 menyumbang sekitar 30 persen dari penjualan Volvo global.

"Kami memiliki budaya kuat dalam desain yang stylish dan SUV dinamis serta menawarkan teknologi termutakhir. XC60 tidak ada pengecualian. Ini merupakan kendaraan yang sempurna untuk gaya hidup yang aktif dan menunjukkan perubahan Volvo ke depan," ungkap President dan Chief Executive Volvo Car Group, HÃ¥kan Samuelsson di Geneva Motor Show, Palexpo, Swiss.

XC60 terbaru diklaim menjadi salah satu mobil paling aman yang pernah dibuat serta disematkan teknologi yang melimpah. Seperti Steer Asssist yang ditambahkan dalam sistem ground-breaking City Safety. Fitur keamanan terbaru yang dinamakan Oncoming Lane Mitigation yang bisa mencegah tabrakan juga Volvo Blind Spot Indication System (BLIS) mengurangi risiko perpindahan jalur yang menyebabkan tabrakan.

"Kami fokus membangun mobil yang bisa membuat si pengendara senang. Kami konsentrasi untuk memudakan konsumen dengan menyediakan mereka kenyamanan dan pelayanan yang baik setiap harinya," sambung Samuelsson.

XC60 juga dilengkapi Pilot Assist yang menjadi fitur pilihan. Pilot Assist bisa mengontrol akselerasi dan pengereman akurat meskipun kecepatan mencapai 130 km/jam

SUV ini juga dibekali mesin bensin T8 Twin Engine dengan teknologi plug-in hybrid. Dengan begitu mesin tersebut menghasilkan 407 daya kuda dan 0-100 km/jam dapat ditempuh hanya dalam waktu kurang dari 5,3 detik.

"Kami memiliki berbagai varian mesin. XC60 ada juga yang menggendong mesin XC60 Diesel D4 bertenaga 190 daya kuda dan juga D5 teknologi PowerPulse bisa menghasilkan 235 tenaga kuda. Kami juga memiliki mesin bensin T5 bertenaga 254 daya kuda dan T6 turbo ataupun supercharger tersemat sehingga bisa menghasilkan 320 daya kuda dan torsi 400 Nm," kata Hendrik Green.

Meski begitu, Volvo mengklaim mobilnya tetap ramah lingkungan berkat fitur Sistem CleanZone empat-zona . Cleanzone memungkinkan menghilangkan polusi dan partikel dari luar kabin dan menghasilkan udara bersih dari dalam mobil.

Untuk sistem hiburan, Volvo menyematkan Sensus dan Volvo On Call. Seperti halnya pada seri 90 lain, XC60 juga sudah terintegrasi dengan CarPlay dan Android Auto.

SUV ini rencananya diproduksi mulai pertengahan di pabrik Torslanda, Swedia. (dry/rgr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed