Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 10 Mar 2017, 15:15 WIB

Laporan dari Jenewa

Cakepan Mana, Yaris Buatan Karawang, Atau Eropa?

Dina Rayanti - detikOto
Cakepan Mana, Yaris Buatan Karawang, Atau Eropa? Foto: Dina Rayanti
Jenewa - Karena pabriknya di beda negara dan menyesuaikan dengan keinginan pasar masing-masing, wajah mobil Toyota Yaris bisa berbeda. Lihat saja model Yaris untuk Eropa. Kira-kira bagusan mana modelnya? Eropa atau Yaris buatan Karawang? Otolovers pasti punya pendapat masing-masing kan?

Pada pameran Geneva Motor Show 2017, Toyota Motor Eropa memamerkan Yaris 2017 dengan berbagai perubahan mulai dari eksterior hingga interior yang telah disesuaikan dengan pasar Eropa.

InteriorInterior Foto: Dina Rayanti


"Saya dengan bangga mengenalkan produk terbaru kami untuk Eropa, yaitu Yaris 2017. Ada perubahan seperti kualitas sensor interior yang lebih baik dan telah disesuaikan dengan kebutuhan orang Eropa serta lebih dinamis saat diajak berkendara," kata Presiden dan CEO Toyota Motor Europe, Johan Van Zyl, seperti dilaporkan reporter detikOto Dina Rayanti dari pameran Geneva Motor Show 2017 di Jenewa, Swiss, Jumat (10/3/2017).

Cakepan Mana, Yaris Buatan Karawang, Atau Eropa?Foto: Dina Rayanti


Yaris versi 2017 ini mengusung mesin ESTEC 1.5 L berbahan bakar bensin dan memungkinkan berganti fraksi siklus Otto menjadi Atkinson (Vice Versa) dalam hitungan detik saja embuatnya menghasilkan torsi dan akselerasi yang impresif. Di samping itu juga hemat bahan bakar.

"Untuk menjamin keamanan si pengendara, penumpang, dan pengguna jalan lain, Yaris terbaru ini juga sudah dilengkapi 'Toytoa Safety Sense' termasuk Sistem pencegah tabrakan dan pengereman darurat otomatis," sambung Johan.


Cakepan Mana, Yaris Buatan Karawang, Atau Eropa?Foto: Dina Rayanti

Toyota pun juga memboyong Yaris versi hybrid. Yaris hybrid terbilang moncer penjualannya di Eropa berkat berbagai kebijakan ramah lingkungan yang diterapkan di beberapa negara disini.

"Yaris hybrid jadi favorit masyarakat dan menyumbang sekitar 40 persen dari penjualan Yaris secara keseluruhan di Eropa," jelas Johan.

Mengusung mesin baru, Yaris 2017 bisa menghasilkan 111 tenaga kuda dan torsi 136 Nm. dengan kecepatan 11 detik untuk mencapai jarak 100 km/jam.

Produk ini juga dilengkapi dengan rancangan bemper baru, pelek baru, lampu utama yang keren tersedia sebagai pilihan dengan LED yang menyala pada siang hari, serta bagian belakang telah dimodifikasi untuk mengakomodasi lampu belakang yang lebih menonjol.

Cakepan Mana, Yaris Buatan Karawang, Atau Eropa?Foto: Dina Rayanti


Selain itu, salah satu perubahan fitur yang terlihat adalah dengan mengadopsi layar warna 4,2 inchi baru, yang tersedia sebagai standar dari kelas menengah ke atas. Ventilasi udara baru, blue instrumentation light, serta konsol tengah yang dimodifikasi agar penampilan dasbor lebih kohesif.



(dry/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed