Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 08 Mar 2017, 11:52 WIB

Geneva Motor Show 2017

Lawan Berat Produsen Mobil Konvensional

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Lawan Berat Produsen Mobil Konvensional Mobil konsep VW untuk masa depan. Foto: Volkswagen
Jenewa - Produsen mobil konvensional mendapatkan lawan baru yang cukup berat. Pesaing itu datang dari China dan Lembah Silikon.

China memiliki keuntungan karena sumber daya (baca: uang) yang boleh dibilang tidak terbatas, sementara dari Lembah Silikon, perusahaan teknologi mulai melirik mobil sebagai lahan garapan selanjutnya. Hasilnya pun sudah kelihatan dalam bentuk aneka mobil otonom.

"Perasaan saya mengatakan, industri secara keseluruhan dan posisi masing-masing merek akan berubah dalam 10-15 tahun, dan di situ nanti bakal ada konsolidasi tradisional," ujar Kepala Mobil Penumpang Volkswagen Herbert Diess seperti dilansir Reuters, Rabu (8/3/2017).

Karena itu VW berinvestasi miliaran dolar untuk mengembangkan teknologi yang tak kalah dari teknologi perusahaan China dan Lembah Silikon tadi. Misalnya teknologi mobil otonom, listrik, dan layanan mobilitas.

Jadi pabrikan merasa raksasa baru di Eropa yakni PSA Group yang baru mencaplok Opel dari GM bukan lawan sesungguhnya. Lawan sesungguhnya adalah perusahaan-perusahaan dari China dan Lembah Silikon tadi. (ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed