Jumat, 03 Mar 2017 07:54 WIB

Geneva Motor Show

Canggihnya Volvo XC60, Bisa Hindari Kecelakaan

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Volvo Foto: Volvo
Jenewa - Volvo siap meluncurkan SUV XC60 yang akan diluncurkan di ajang Geneva Motor Show bulan ini. Volvo XC60 ini pun bakal dilengkapi salah satu fitur canggih.

Dalam siaran persnya, Kamis (2/3/2017) disebutkan, Volvo XC60 menggunakan beberapa fitur bantuan pengemudi baru yang canggih. Salah satunya adalah fitur untuk menghindari tabrakan.

Fitur keamanan baru yang dirancang untuk XC60 adalah bantuan kemudi otomatis. Jika diperlukan ketika membaca potensi tabrakan, mobil secara otomatis bakal menghindari potensi tabrakan itu.

Canggihnya Volvo XC60, Bisa Hindari KecelakaanFoto: Volvo


Volvo percaya bahwa fitur baru ini akan membuat XC60 menjadi salah satu mobil paling aman di jalan.

"Kami telah bekerja dengan sistem penghindar tabrakan selama bertahun-tahun dan kami dapat melihat seberapa efektif fitur itu. Di Swedia sendiri, kami telah melihat penurunan tabrakan belakang sekitar 45 persen dengan penambahan dukungan kemudi dan sistem bantuan," kata Direktur Senior Pusat Keamanan Volvo Cars, Malin Ekholm.


Canggihnya Volvo XC60, Bisa Hindari KecelakaanFoto: Volvo

Fitur keamanan yang disebut City Safety telah diperbarui untuk XC60. Fitur itu kini mendapatkan dukungan kemudi yang bisa bergerak saat sistem pengereman otomatis belum cukup untuk menghindari potensi tabrakan. City Safety membantu menghindari tabrakan dengan kendaraan, pejalan kaki dan hewan besar. Dukungan kemudi pada sistem bisa aktif di kecepatan antara 50-100 km/jam.

Canggihnya Volvo XC60, Bisa Hindari KecelakaanFoto: Volvo


Volvo juga menambahkan sistem yang disebut Oncoming Lane Mitigation. Sistem itu membantu pengemudi untuk menghindari tabrakan dengan kendaraan di jalur yang akan dilalui.

Canggihnya Volvo XC60, Bisa Hindari KecelakaanFoto: Volvo



Sistem keamanan ketiga adalah Blind Spot Information System. Fitur itu akan memberi peringatan kepada pengemudi dengan kehadiran kendaraan lain di titik yang tak terlihat oleh pengemudi (blind spot). Fitur itu telah diperbarui dengan fungsi steer assist. Sistem akan membantu menghindari potensi tabrakan dengan kendaraan di blind spot dengan mengarahkan mobil kembali ke lajur awal.

Volvo XC60 juga dibekali beragam sistem keamanan kelas wahid termasuk Large Animal Detection, Run-off Road Mitigation dan sistem semi-otonom Pilot Assist sebagai paket pilihan.

Canggihnya Volvo XC60, Bisa Hindari KecelakaanFoto: Volvo
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Wanita Arab Saudi Bebas Nyetir

    Wanita Arab Saudi Bebas Nyetir

    Minggu, 24 Jun 2018 19:25 WIB
    Kabar gembira buat pengendara wanita di Arab Saudi. Otoritas di sana akhirnya memperbolehkan wanita untuk mengemudi setelah sekian lama dilarang.
  • Toni Kroos dan Mobil Gelapnya

    Toni Kroos dan Mobil Gelapnya

    Minggu, 24 Jun 2018 18:25 WIB
    Seperti halnya pemain bola dunia lainnya, pemain Jerman, Toni Kroos juga termasuk kolektor mobil mewah.
  • Suzuki Bakal Cabut dari China

    Suzuki Bakal Cabut dari China

    Minggu, 24 Jun 2018 16:01 WIB
    Suzuki dikabarkan akan keluar dari China. Pabrikan asal Jepang itu bakal menyetop pembuatan mobil di Negeri Tirai Bambu.
  • Wah, Ada Ojol Bawa Moge

    Wah, Ada Ojol Bawa Moge

    Minggu, 24 Jun 2018 15:42 WIB
    Seorang driver ojol (ojek online) terlihat gagah menggunakan moge. Kejadian ini terjadi depan kedutaan Malaysia, Kuningan, Jakarta.