Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 10 Januari 2017, 11:19 WIB

Detroit Motor Show 2017

MPV Masa Depan Volkwagen

Rangga Rahadiansyah - detikOto
MPV Masa Depan Volkwagen Foto: Newspress
Detroit - Volkswagen meramaikan ajang Detroit Auto Show 2017 dengan membawa konsep mobil masa depan yakni konsep VW I.D. Buzz. Konsep ini merupakan kelanjutan dari konsep Budd-e alias Kombi yang diperkenalkan awal tahun 2016 lalu.

Konsep I.D. Buzz mengambil bentuk sebagai Microbus berteknologi tinggi. Konsep ini didukung dengan teknologi penggerak listrik dan kemampuan berkendara otonom.

"Serangan mobil listrik besar-besaran dari Volkswagen akan dimulai pada 2020 dengan arsitektur kendaraan yang sama sekali baru. Itu adalah ketika kami meluncurkan generasi baru, sepenuhnya terhubung, dan bertenaga listrik sepenuhnya," kata CEO Volkswagen, Herbert Diess seperti tertulis dalam siaran pers, Selasa (10/1/2017).

Dari tampilan luarnya, konsep I.D. Buzz menggunakan isyarat desain yang sama seperti konsep I.D. yang dipamerkan pada tahun lalu. Konsep ini memiliki logo VW yang bercahaya, lampu depan LED dengan bentuk baru, lampu belakang yang lebih ramping, serta pelek alloy 22 inci berdesain funky dengan cat Galvano Gray Metallic.

"Konsep I.D. Buzz adalah kendaraan generasi terbaru berbasis platform Modular Electric Drive Kit (MEB) baru, menawarkan kenyamanan dan ruang yang luas. Secara keseluruhan, konsep I.D. Buzz menitikberatkan perkiraan masa depan. Konsep ini adalah multi-purpose vehicle (MPV) pertama bertenaga listrik yang dilengkapi teknologi otonom sepenuhnya," kata Bos Pengembangan Mobil VW, Frank Welsch.

Di dalam kabin, konsep ini mampu menampung hingga 8 orang penumpang. Kesemua penghuni mobil bisa menjadi penumpang ketika modus otonom I.D. Pilot diaktifkan. Ketika modus otonom diaktifkan, setir akan tersimpan pada instrumen panel sehingga menambah ruang kabin.

Untuk menambah kenyamanan dan kemewahan, VW menyajikan interior konsep dengan lantai kayu dan cahaya ambient LED.

Konsep ini digerakkan oleh dua motor listrik yang terpasang di as roda depan dan belakang. Motor listrik itu bisa menyemburkan total tenaga hingga 369 daya kuda (275 kilowatt). Walhasil, mobil ini mampu berakselerasi dari 0-96 km/jam hanya dalam 5 detik sebelum menyentuh kecepatan tertinggi 160 km/jam.

Baterai 111-kWh mampu membawa mobil menjangkau jarak hingga 600 km. Baterai bisa diisi hingga 80 persen dalam waktu setengah jam dengan menggunakan pengisian cepat. (rgr/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed