Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 03 November 2016, 10:26 WIB

IMOS 2016

Dikepung Jepang, Ini Strategi Khusus TVS

Dina Rayanti - detikOto
Dikepung Jepang, Ini Strategi Khusus TVS Foto: Hasan Al Habshy
Jakarta - Produsen motor Jepang kini masih menguasai pangsa pasar roda dua di Indonesia. Honda misalnya menguasai pasar sampai 72,5 persen, sedangkan Yamaha 24,22 persen, sisanya produsen Jepang lainnya.

TVS sendiri hingga September lalu menjual 1.497 unit motor di pasar domestik, porsinya kurang dari 1 persen. Namun TVS lebih banyak ekspor dengan angka 15.000 unit lebih.

Hanya menguasai sedikit pangsa pasar, produsen motor asal India, PT TVS Motor Company Indonesia memiliki strategi khusus. Dengan teknologi yang tak jauh beda dari Jepang, TVS menjual motornya dengan harga lebih rendah.

"Jadi kalau kita perhatikan bahwa TVS selalu menempatkan produk dengan fitur ataupun teknologi yang lebih tetapi dengan harga terjangkau," kata Deputy GM Marketing PT TVS Motor Company Indonesia, Rizal Rizkiawan Tandju, di arena Indonesia Motorcycle Show.

Ia mencontohkan model Apache RTR 200 dengan kapasitas yang lebih besar dari kompetitor tapi harganya lebih murah.

"Seperti Apache 200 misalnya, itu 200 cc, lebih tinggi dari kompetitornya tapi harganya sedikit lebih di bawah dari kompetitor yang 150 cc jadi kita berikan fitur dan teknologi lebih," tutur Rizal.

Dengan produk andalan yang baru dikenalkan, Akula 310 walaupun berkapasitas besar, TVS berharap bisa menjualnya di bawah Rp 50 juta.

"Sama dengan ini (Akula 310) kita mengharapkan kalau kita bisa membuatnya di bawah Rp 50 juta dia akan bersaing dengan kompetitor cukup bagus," sambung Rizal. (dry/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed