Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 28 Agustus 2017, 10:45 WIB

Serba-serbi Oli Kendaraan

Apakah Aman Menambah Level Oli Mesin?

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Apakah Aman Menambah Level Oli Mesin? Toyota Fortuner 2013 (Foto: dok detikOto)
Jakarta - Hallo detikOto, mobil saya Toyota Fortuner 2013. Rencananya mobil mau saya pakai untuk pulang kampung ke Jawa Timur. Apakah boleh saya menambah level oli mesin? Saat ini level oli posisi sekarang di tengah-tengah antara indikator lubang maksimal dan minimal.

Pertanyaan kedua apa oli mesin apakah yang cocok untuk mobil ini?

Terima kasih
Deden

Jawaban

Hallo juga mas Deden. Melihat kondisi volume oli di kendaraan Anda, kalau masih di tengah-tengah L n H mobil masih aman dioperasikan.

Asalkan tidak ada kebocoran yang sangat deras atau akibatkan habis oli. Kalau pun mau ditambahkan oli misalkan oli sebelumnya bukan oli full sintetis tidak masalah, tetapi jika sebelumnya full sintetis mungkin tidak disarankan. Tetapi jika masih di level L-H seperti info di atas masih aman tanpa menambah oli.

Menjawab pertanyaan kedua, sayang Anda tidak menyebutkan jenis mesinnya apakah diesel atau bensin. Tapi sebagai catatan oli untuk Fortuner tahun 2013 bisa menggunakan Pertamina Fastron Diesel 15w40. Fastron Diesel 15w40 adalah minyak lumas mesin diesel sintetik berkualitas tinggi dengan kekentalan ganda (multigrade).

Pelumas ini memiliki kekentalan ganda yang stabil yang memberikan akselerasi dan perlindungan optimal terhadap mesin pada saat start up dan operasi pada temperatur tinggi. Pelumas juga tahan terhadap oksidasi dan panas sehingga mampu memberikan perpanjangan masa pakai pelumas. Tingkat penguapan pelumas yang rendah sehingga pemakaian pelumas lebih irit dan pelumasan optimal lebih terjamin.

Pelumas juga mencegah pembentukan deposit pada piston dan menjaga kebersihan mesin sehingga umur mesin lebih panjang. Memiliki kemampuan yang sangat baik dalam mengkontrol soot dan menetralisasi asam hasil pembakaran.

Fastron Diesel 15w40 ini direkomendasikan untuk kendaraan mesin diesel modern putaran tinggi khususnya untuk mesin diesel system direct Injection dengan teknologi gas buang rendah emisi dan dapat digunakan pada kendaraan mesin bensin.

Sementara untuk Fortuner bensin bisa menggunakan Fastron Gold 5w30. Fastron Gold 5W30 adalah pelumas mesin kualitas premium yang diformulasikan dari bahan dasar sintetik dan aditif pilihan dengan tingkat unjuk kerja tertinggi API Service Category; SN/CF.

Fastron Gold 5w30 juga memenuhi spesifikasi ketat OEM seperti Mercedes Benz, BMW, VW, dan Porsche. Fastron Gold 5w30 30 memiliki tingkatan mutu Internasional API SN/CF, ACEA C3-10, A3/B3-08, A3/B4-08, MB-Approval 229.51, BMW Long Life 04 (Approved), VW 502 00/505 00, dan Porsche.

Seperti halnya Fastron Diesel, Fastron Gold juga memiliki kekentalan ganda yang stabil yang membuat mesin bekerja secara optimal pada saat start up dan operasi pada temperatur tinggi.

Keunggulan lain adalah ketahanan yang tinggi terhadap oksidasi dan panas sehingga memperpanjang masa pakai pelumas, tingkat penguapan pelumas yang rendah sehingga pemakaian pelumas lebih irit dan pelumasan yang optimal serta bisa mencegah pembentukan deposit pada piston sehingga menjaga keandalan mesin. Selain itu pelumas juga menjaga kebersihan mesin sehingga mesin dapat bekerja dengan optimal.

Fastron Gold 5w30 direkomendasikan untuk kendaraan generasi terbaru dari pabrikan kendaraan terkemuka yang beroperasi pada kondisi ekstrem, khususnya mesin bensin yang dilengkapi dengan exhaust after treatment device.

(ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed