Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Minggu 25 Juni 2017, 12:21 WIB

Serba-serbi Oli Kendaraan

Ini Efeknya Kalau Mobil Ayla Pakai Pelumas yang Lebih Kental

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Ini Efeknya Kalau Mobil Ayla Pakai Pelumas yang Lebih Kental Daihatsu Ayla (Foto: dok detikOto)
Jakarta -

Hallo detikOto, selamat siang. Sebelumnya terimakasih atas adanya sarana konsultasi yang mudah ini berkaitan dengan otomotif. Sekitar 7 bulan yang lalu saya membeli mobil Daihatsu Ayla second, kondisinya masih baru dipakai 1 tahun sama pemiliknya.

Ketika saya beli saya langsung ganti oli mesin di bengkel biasa karena tidak ada waktu untuk pergi ke bengkel resmi. Saya belum begitu paham tentang oli, apa dan yang seperti apa yang harus saya gunakan, akhirnya saya serahkan kepada pemilik bengkel dan diisi dengan oli 10W-40.

Setelah mencapai batas jarak yang ditentukan untuk mengganti oli, saya kembali ganti oli di tempat yang sama, kurang lebih 2 minggu yang lalu dengan oli yang sama. Saya penasaran dengan tulisan 10W-40 yang ditulis di kartu ganti oli yang diberikan bengkel.

Saya kemudian menelusuri soal pelumas di internet, ternyata itu adalah tingkat kekentalan oli, lalu saya cek untuk mobil Ayla itu standar pabriknya adalah oli 5W-30.

Pertanyaan saya, bagaimana yang harus saya lakukan, apakah segera ganti oli lagi secepatnya? Atau tidak apa-apa sampai batas waktu yg ditentukan untuk kemudian ganti dengan standar yang ditentukan? Dan apakah masalah yang muncul jika saya menggunakan terus oli 10W-40?

Terima kasih
Kodrat Yusup

Jawaban:

Hallo juga Pak Kodrat Yusup, lebih baik penggunaan pelumas segera dikembalikan ke spesifikasi yang disarankan oleh pabrikan mobil yakni 5W-30 agar sesuai persyaratan mesin. Efek jangka pendeknya adalah bahan bakar akan menjadi lebih boros jika pakai 10W-40, karena oli lebih kental dan putaran menjadi lebih berat.

Secara teori untuk perawatan, oli 10W-40 masih in range menggantikan 5W-30 karena suhu lingkungan Indonesia masih di sekitar 30-40C.

Untuk ini dapat direkomendasikan Fastron Gold 5W-30 dari Pertamina Lubricants. FASTRON GOLD SAE 5W-30 adalah pelumas mesin kualitas premium yang diformulasikan dari bahan dasar sintetik dan aditif pilihan dengan tingkat unjuk kerja tertinggi API Service Category; SN/CF. FASTRON GOLD SAE 5W-30 juga memenuhi spesifikasi ketat OEM seperti Mercedes-Benz, BMW, VW, dan Porsche.

Ini Efeknya Kalau Mobil Ayla Pakai Pelumas yang Lebih KentalFoto: PT Pertamina Lubricants



Jadi memang sudah teruji dan diakui secara internasional. FASTRON GOLD SAE 5W-30 direkomendasikan untuk kendaraan generasi terbaru dari pabrikan kendaraan terkemuka yang beroperasi pada kondisi ekstrem, khususnya mesin bensin yang dilengkapi dengan exhaust after treatment devices.

(ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed