Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 21 Dec 2016, 18:05 WIB

9 Hal yang Harus Anda Ketahui Tentang Transmisi CVT

Thayne Finsenda Lika - detikOto
9 Hal yang Harus Anda Ketahui Tentang Transmisi CVT Foto: dok. Toyota
Jakarta - Akhir-akhir ini mobil sudah menggunakan transmisi CVT. Apa sebenarnya CVT itu? CVT adalah singkatan dari Continuous Variable Transmission. Transmisi jenis ini menggunakan lebih sedikit oli transmisi jika dibandingkan dengan transmisi matik jenis lama.

Beberapa hal yang harus diketahui untuk pemilik mobil yang menggunakan transmisi ini adalah sebagai berikut:

1. Untuk transmisi manual, tidak disarankan untuk meletakkan tangan di tuas persneling karena akan memberikan tekanan berlebihan pada Syncromesh. Tapi hal ini tidak terjadi pada transmisi matik CVT, jadi pengemudi bebas meletakkan tangannya di tuas persnelling.

2. Ketika posisi mobil berhenti pengendara tidak perlu untuk menetralkan (N) kendaraannya karena tidak akan membahayakan system transmisi tersebut.


 9 Hal yang Harus Anda Ketahui Tentang Transmisi CVTFoto: Dadan Kuswaraharja

3. Pengendara tidak disarankan untuk menahan mobil di tanjakan dengan gas, karena akan membuat system CVT tidak bertahan lama. Ketika berhenti di tanjakan sebaiknya ditahan dengan rem.

4. Bagi yang suka menginjak pedal gas poll, hal ini dapat dilakukan pada transmisi CVT dan tidak akan merusak komponen.

5. Pengemudi tidak perlu memasukkan posisi netral ketika jalan turunan panjang. Hal ini tidak akan berdampak apapun pada efisiensi BBM maupun sistem transmisi.

6. Jangan menahan mesin pada RPM tinggi ketika memasukkan ke posisi DRIVE (D) dari posisi netral, karena akan merusak sistem transmisi.

7. Selalu tunggu sampai mobil benar–benar berhenti ketika mau mengganti arah MAJU (D) atau MUNDUR (R).

8. Untuk kondisi macet, transmisi CVT aman digunakan untuk maju sedikit demi sedikit (INCHING) jadi tidak perlu khawatir dapat merusak system CVT.

9. Untuk mobil yang dilengkapi system triptronic, mengganti gigi pada posisi apapun aman untuk transmisi, tapi yang harus diperhatikan ketika menurunkan gigi di RPM tinggi karena hal ini memiliki kemungkinan untuk merusak piston rod.

 9 Hal yang Harus Anda Ketahui Tentang Transmisi CVTFoto: Newspress


Semua transmisi matik memiliki oli transmisi yang harus diganti sesuai petunjuk produsen mobil, untuk pengguna mobil bertransmisi matik yang sudah berumur (di atas 100.000km) sebaiknya menganti oli transmisi lebih cepat dari petunjuk produsen mobil (contoh per/20.000km), untuk menjaga umur part lebih lama.


Thayne Lika
DOKTER MOBIL (ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed