Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 15 Nov 2016, 17:06 WIB

Cara Membuat Pajero Sport Model 2016 Menjadi Lebih Gaspol

Thayne Finsenda Lika - detikOto
Cara Membuat Pajero Sport Model 2016 Menjadi Lebih Gaspol Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Mitsubishi di awal tahun meluncurkan mobil SUV Pajero Sport. Mobil ini sudah mengusung desain futuristik pertama di jajaran mobil keluaran Mitsubishi. Ke depan adik-adik Pajero Sport akan mengikuti bahasa desain yang sama.

Nah sesuai spesifikasi yang diberikan, Pajero Sport memiliki 2.400 cc turbo diesel dengan 8 speed gearbox dan 4WD optional. Mesin ini menghasilkan tenaga 181 HP, dengan torsi 43,8 kgm.

Mitsubishi juga telah mengurangi berat mesinnya dengan mengganti engine block lama dengan bahan baru yaitu alumunium alloy sehingga berat mesin berkurang signifikan.

Transmisi 8 speed gearbox automatic dan flappy paddle shift membuat mobil ini lebih terasa sporty nya, tapi 8 tingkat percepatan tidak terlalu memberikan perbedaan yang signifikan dari pendahulunya yang menggunakan transmisi 6 speed.

Mungkin 8 speed ini disiapkan untuk mengimbangi kapasitas towing yang terbesar di kelasnya yaitu 3,1 ton. Walaupun Towing bar bukanlah merupakan aksesoris standar yang diberikan oleh Mitsubishi Indonesia.

Suspensi di Pajero Sport yang baru ini memang jauh lebih nyaman dibandingkan versi yang sebelumnya dan memiliki electronic traction control untuk mempermudah di belokan tajam.

Antilock braking system menjadi fitur standard dan electronic parking brake memberikan sentuhan kemewahan. Tapi dengan suspensi yang lebih lembut membuat mobil ini lebih limbung ketika terkena guncangan, terlebih atap kabin yang relatif rendah membuat penumpang yang duduk menjadi lebih sering terbentur.

Pajero Sport yang baru ini dilengkapi dengan eagle eye parking assist dan rear camera, sensor mundur secara standar. Cruise control juga dipasang di setirnya. Terlebih head unit dashboard yang dilengkapi dengan GPS benar–benar memberikan kemewahan di dalam kabin.

Nah bagaimana kita bisa mengeluarkan seluruh potensi perangkat elektronik itu? Semua kecanggihan yang digunakan di Pajero Sport bisa menyerap banyak daya maka sangat diperlukan High Range Volt Stabiliser pada kelistrikannya.

Volt StabilizerFoto: Thayne Finsenda Lika
Volt Stabilizer


Ini fungsinya untuk mencegah beban yang berlebihan terhadap alternatornya.

Volt stabilizer yang digunakan pun jangan yang abal–abal terlebih Home Made karena semua instrument yang digunakan sangat sensitif.

Volt stabilizer yang baik dapat diukur dari penambahan Ampere Hour dan pengurangan resistance pada aki mobil. Semua ini dapat dengan mudah dicek mengunakan battery tester.

Jika volt stabilizer yang digunakan itu bagus maka hasilnya akan langsung terasa di torsi yang dihasilkan. Menjadikan mobil lebih responsif dan enteng ketika di-gass poll.

Sementara itu pengapian di Pajero Sport sangat memerlukan kualitas solar yang elit, dan kadar sulfur yang rendah. Jangan sekali-sekali diberi minum solar budget, karena akan merusak injektor sistem dan menyumbat Diesel Particle Filter.

Turbo standar pada mesin ini menghasilkan dorongan tenaga yang cukup nendang tapi berdasarkan riset yang sudah saya buktikan, penggantian filter udara dengan yang high flow, dan penempatan 2 buah cyclone dapat meningkatkan tenaga secara signifikan.


Cara Membuat Pajero Sport Model 2016 Menjadi Lebih GaspolFoto: Thayne Finsenda Lika

Filter udara High Flow (Kualitas no 1) berfungsi untuk mengurangi hambatan sang turbo menyerap udara, sehingga udara yang masuk menjadi lebih banyak.
Filter udaraFoto: Thayne Finsenda Lika
Filter udara



CycloneFoto: Thayne Finsenda Lika
Cyclone


Penempatan cyclone berfungsi untuk menciptakan turbulensi di aliran udara yang masuk sehingga pencampuran udara dan BBM dari injektor menjadi lebih sempurna, sehingga ketika terbakar kita mendapatkan konsumsi BBM yang lebih sempurna.

Silakan mencoba

Thayne Finsenda Lika
Owner Bengkel DOKTER MOBIL
Tune Up dan AC Mobil tanpa bongkar, Car Performance Specialist (ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed