Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 28 Oct 2016, 14:48 WIB

Mengenal Cara Kerja AC Mobil

Thayne Finsenda Lika - detikOto
Mengenal Cara Kerja AC Mobil Foto: Dina Rayanti
Jakarta - AC)atau penyejuk udara mobil pertama kali dipasang di mobil mewah pada tahun 1940an sampai 1970an, sampai komponen dari AC mobil tersebut dapat diproduksi lebih murah sehingga dapat dipasang ke semua jenis mobil.

Ac sudah merupakan kebutuhan primer bagi kita yang memiliki kendaraan roda 4. Tapi Pengetahuan dasar tentang AC mobil masih sangat minim sekali. Di sini saya akan jelaskan sedikit mengenai part-part penting di dalam sistem AC mobil anda.

Freon atau Refrigerant.

Jenis dan tipe Freon ada bermacam-macam contohnya R12 untuk mobil lebih tua dari tahun 1990, dan R134a untuk mobil tahun 1995 sampai sekarang, bahkan BMW sedang mengaplikasikan Freon jenis baru yaitu R1234yf untuk mobil keluaran terbarunya. Jenis Freon untuk mobil anda sangat penting untuk diketahui, dan tidak disarankan untuk mencampur freon yang tidak sesuai dengan standarnya. Karena dapat menyebabkan korosi pada bagian dalam komponen-komponen AC mobil.

Oli Kompressor.

Semua benda mekanik yang bergerak memerlukan pelumasan untuk menghindari gesekan di dalamnya, sama halnya dengan kompressor AC. Oli yang tidak pernah diganti menimbulkan berbagai macam masalah pada komponennya, menyebabkan umur part yang menjadi tidak awet. Sama halnya jika oli mesin mobil tidak pernah dikuras dan diganti melainkan hanya ditambah atau dibiarkan berjalan saja, pasti akan banyak part yang rusak. Jenis oli compressor yang dipakai juga penting untuk diperhatikan PAGRO, PAGSO (biasanya terdapat di sticker yang menempel di kap mesin). Kita tidak mungkin menggunakan minyak goreng untuk melumasi mesin kita kan.

Drier

Komponen ini berisi SILICA GEL yang berfungsi untuk menangkap semua kelembaban di dalam system internal AC mobil dan menyaring Freon dan oli yang lewat.

Kompressor
Tugasnya untuk memompa gas Freon bertekanan tinggi ke kondensor. Letaknya di engine bay.

Mengenal Cara Kerja AC MobilFoto: Rangga Rahadiansyah


Magnetic clutch

Tugasnya seperti layaknya kopling dalam system ac mobil, yang dapat mengatur kapan Kompressor bekerja dan kapan Kompressor berhenti bekerja. Letaknya di depan compressor dibawah pulley yang menempel dengan fanbelt.

Kondensor

Fungsinya untuk mencairkan Freon bertekanan tinggi yang dipompa oleh Kompressor. Letaknya di depan radiator, dan bentuknya menyerupai radiator mobil.

Expansi

Fungsinya untuk menguapkan Freon cair bertekanan tinggi sehingga dapat menyerap panas. Letaknya di dekat evaporator.

Evaporator

Berfungsi sebagai tempat Freon menguap (karena menurut guru fisikan benda yang menguap itu menyerap panas). Dingin yang dihasilkan dari penguapan Freon ditiup oleh blower AC. (evaporator adalah bentuk mini dari indoor unit AC rumah, jadi butuh dicuci secara berkala). Letaknya di dalam dashboard.

Motor Blower

Berfungsi sebagai kipas yang meniup angina ke evaporator. Biasanya terletak di belakang glove box.

Resistor blower

Berfungsi mengatur kecepatan blower. Letaknya setelah blower.

Termostat, berfungsi mengatur suhu yang diinginkan di ac mobil. Letaknya di depan evaporator.

Semua komponen yang sudah dijelaskan fungsinya di atas saling berhubungan satu dengan yang lainnya sehingga, untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka komponen-komponen tersebut harus dicek dan dibersihkan secara berkala. Oli compressor AC harus diganti secara berkala untuk menghindari kerusakan fatal. dan jangan lupa untuk mencuci evaporator AC anda secara bekala, sehingga AC mobil anda menghasilkan udara dingin yang bersih dan bebas bakteri.

Thayne Finsenda Lika
Tim Dokter Mobil

(ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed