ADVERTISEMENT

Citayam Fashion Week Bikin Lalu Lintas Macet, Ganggu Kenyamanan Pengendara

Tim detikcom - detikOto
Minggu, 24 Jul 2022 11:17 WIB
Citayam Fashion Week di Dukuh Atas
Citayam Fashion Week di kawasan Dukuh Atas bikin lalu lintas sekitar macet. Foto: Anggi Muliawati/detikcom
Jakarta -

Aktivitas Citayam Fashion Week (CFW) yang sering dilakukan belakangan ini di Jalan Jenderal Sudirman, Dukuh Atas, Jakarta Pusat, telah mencapai tahap 'mengganggu' para pengguna jalan. Kerumunan massa dalam CFW menghambat pergerakan dan membuat tidak nyaman pengendara yang melintas di sekitar area tersebut.

Kemacetan lalu lintas akibat gelaran Citayam Fashion Week terjadi di kawasan Dukuh Atas pada Sabtu (23/7/2022), pada sore hari hingga jelang malam. Seorang pengendara bernama Maulana (26), mengaku terganggu oleh adanya fashion show di zebra cross. Dia menyebut kendaraan menjadi sulit lewat.

"Tadi saya nyampe ke sini udah rame, tadi saya misi-misi nggak dikasih jalan. Kalau gini terus, ya kasihan pengguna jalan lain," katanya di Dukuh Atas, Jakarta Pusat, Sabtu (23/7/2022), seperti dikutip dari detikNews.

Pagelaran fashion yang dilakukan oleh anak-anak muda itu mendapat tanggapan dari Praktisi Road Safety JDDC (Jakarta Defensive Driving Consulting), Jusri Pulubuhu. Menurut Jusri, dari sisi road safety, acara yang mengundang kerumunan itu jelas berdampak pada para pengguna jalan lain.

"Impact-nya tidak hanya kepada para pengendara sepeda motor, tapi juga pengguna mobil, bahkan juga pejalan kaki yang lain yang tidak berkepentingan dengan Citayam Fashion Week itu," kata Jusri kepada detikOto, Minggu (24/7/2022).

"Secara keseluruhan, fenomena semacam ini sebenarnya dari puluhan tahun lalu sudah ada di kota-kota tertentu di dunia, di mana jalan umum diblokir (untuk kegiatan fashion show), contoh seperti di Harajuku, Jepang. Jalan diblokir untuk pada hari-hari tertentu, waktu-waktu tertentu, itu sering," sambung Jusri.

Menurut Jusri, kegiatan Citayam Fashion Week menjadi hiburan tersendiri bagi pengendara yang melintas di area tersebut. Tapi bagi para pengendara yang sedang bergegas, event tersebut jelas mengganggu dan menghambat perjalanannya.

"Kejadian di Dukuh Atas dengan ramainya orang karena Citayam Fashion Week ini jelas akan membuat tidak nyaman bagi pengguna jalan yang sehari-hari sering melintas di sana. Karena rute commute-nya, rute yang selalu dilewatinya terganggu. Bila mereka tidak mau terganggu, mereka harus mutar jalan yang jauh, tentu konsekuensinya lancar tapi memakan waktu," tambah Jusri.

"Secara kenyamanan yang impact-nya keselamatan iya (itu mengganggu), tapi kalau (sampai bikin) kecelakaan fatal itu tidak, karena kepadatannya yang terganggu, dari jauh traffic-nya sudah macet, langsung tersumbat, sehingga pergerakan kendaraan satu dengan yang lain itu macet. Intinya hanya faktor kenyamanan yang terganggu," bilangnya lagi.



Simak Video "Ganggu Pengguna Jalan, Citayam Fashion Week Perlu Diatur"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/riar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT