Jumat, 03 Jul 2020 18:44 WIB

Wuih, Ternyata Deodoran Bisa Jadi Alternatif Bahan Bakar Motor

Rizki Pratama - detikOto
Motor matik ini bisa jalan menggunakan semprotan deodoran yang mengandung alkohol Deodoran jadi bahan bakar skuter matik. Foto: cartoq
Jakarta -

Semakin berkembangnya teknologi otomotif ada banyak jenis bahan bakar yang dapat digunakan, mulai dari bensin, solar, gas, listrik hingga hidrogen. Selain jenis bahan bakar di atas, sebenarnya masih banyak kandungan alam yang dapat terbakar bahkan digunakan sebagai kebutuhan sehari-hari, lantas apakah bisa menjadi bahan bakar kendaraan?

Sebuah video dari kanal Youtube Indian Hacker menjawab pertanyaan tersebut dengan motor matik Honda Activa sebagai kelinci percobaannya. Motor diuji menggunakan zat-zat mudah terbakar yang mengandung alkohol.

Untuk melakukan percobaannya tutup mesin dan karburator dilepas. Hal ini dilakukan agar gas-gas mengandung alkohol yang akan diuji untuk bahan bakar dengan mudah dimasukkan. Tali gas dilepas agar ketika semakin banyak bahan bakar dan udara memasuki mesin putaran mesin jadi lebih tinggi.

Upaya pertama untuk membuktikan metodenya, mereka menggunakan bensin yang disemprotkan ke mulut karburator. Ketika disemprotkan putaran mesin naik, makin banyak yang masuk makin cepat putaran.

Percobaan kedua mereka mencoba untuk menggunakan gas tabung LPG. Hal ini sukar dilakukan karena sistem pengiriman tidak efisien, LPG tidak dapat menghidupkan mesin. Pada upaya ketiga, mereka menggunakan bahan bakar diesel tetapi mesinnya tidak hidup sama sekali.

Pada upaya keempat, sebotol deodoran dengan kandungan alkohol 80% digunakan. Mesin Honda Activa itu menyala dan dapat terdengar berputar di video. Jumlah deodorant yang dituangkan dalam mesin berbanding lurus dengan putaran mesin.

Setelah deodoran, mereka menggunakan Iso Propyl. Itu merupakan alkohol murni 99% tingkat laboratorium. Mesinnya bisa terdengar berjalan dengan lancar.

Tidak sampai di situ, setelah menyadari deodoran dapat menjadi bahan bakar, mereka mencobanya untuk dijajal langsung di jalanan. Untuk dapat melakukan sebuah pipa yang panjang dengan corong dibuat untuk mengirimkan deodoran langsung ke intake. Hasilnya mereka dapat berjalan-jalan menggunakan motor itu berboncengan dengan sebotol deodoran.

[Gambas:Youtube]





Simak Video "Tampang dan Fitur Baru di Honda CBR250RR"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lua)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com