Rabu, 24 Jun 2020 19:33 WIB

Cara Baru Ngecat Mobil: Bukan Semprot tapi Celup

Rizki Pratama - detikOto
Mobil dicelup ke dalam air berwarna Honda Civic Tie Dye. (autoevolution)
Jakarta -

Pernah melihat metode pewarnaan pakaian dengan metode celup? Bagaimana jika metode pewarnaan pada bahan tekstil ini diterapkan untuk mewarnai mobil?

Pertanyaan di atas dijawab oleh seorang Youtuber yang akan mewarnai sebuah mobil Honda Civic berkelir putih. Prinspnya sama, objek yang akan diwarnai dicelupkan ke dalam wadah berisi air dan cat.

Bedanya tentu alat-alat untuk mewarnai pakaian tak dapat digunakan di sini. Untuk merendam mobil dalam air dan cat digunakan bak truk. Mobil pun dicelupkan menggunakan alat berat.

Proses pewarnaan itu tentu juga tidak mengabaikan prinsip mewarnai mobil. Ban dicopot serta bagian-bagian yang tidak perlu terkena cat seperti jendela dan lampu ditutupi.

Sebelum mencelupkan mobil, pelek yang sudah dilepas diwarnai terlebih dahulu dengan metode sama. Wadah berisi air disemprotkan warna biru dan pink lalu pelek dicelupkan sehingga menciptakan motif abstrak dari dua warna tersebut.

Selanjutnya masuk ke menu utama. Mobil diangkat ke atas air di saat tim yang turut membantu mengerjakan pewarnaan ini menyemprotkan dua warna cat semprot ke dalam air.

Setelah cukup banyak cat yang disemprotkan mobil pun dicelupkan ke dalam air yang sudah diwarnai itu. Setelah didiamkan beberapa saat mobil diangkat dan dikeluarkan.

Sebelum melihat hasilnya, ban kembali dipasang dan lapisan penutup dilepas. Warna yang dihasilkan dari metode ini cukup unik. Selain warna biru dan pink, ada juga gradasi campuran dua warna tersebut. Dua warna itu pun memiliki gradasi karena tercampur air, dari pekat hingga kepudaran.

[Gambas:Youtube]





Simak Video "Tampang dan Fitur Baru di Honda CBR250RR"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com