ADVERTISEMENT

Merdu! Motor Ini Bisa Nyanyi dengan Suara Mesinnya

Rizki Pratama - detikOto
Kamis, 11 Jun 2020 11:13 WIB
Yamaha R6 nyanyi ulang tahun
Yamaha R6 nyanyi lagu selamat ulang tahun. Foto: vaval53/twitter
Jakarta -

Pernah memimpikan sepeda motor bisa berkomunikasi dengan manusia? Mengucapkan kata atau kalimat memang tidak mungkin, namun di jaman sekarang mesin motor Yamaha R6 ini bisa mendendangkan sebuah lagu.

Sebuah video menakjubkan memperlihatkan sebuah motor Yamaha R6 sedang dalam kondisi menyala. Tanpa ada sentuhan tangan manusia, mesin meraung secara harmoni sehingga terdengar seperti lagu Selamat Ulang Tahun.

Video ini dilihat dari akun Twitter pebalap Superbike Valentin Grimoux, @vaval53.

"Selamat ulang tahun kepada mesin motor. Bagus saya suka," cuitnya mengiringi video motor bernyanyi itu.

Usut punya usut, motor ini dapat bernyanyi berkat kemampuan aRacer Speedtek yang mahir dalam tuning mesin dan tenaga motor. Melihat kompetensi itu tampaknya aRacer melakukan settingan khusus pada ECU atau lebih tepatnya di Electronic Fuel Injection (EFI).

Terlepas dari itu Yamaha R6 memang motor sport canggih juga pada dasarnya. Yamaha R6 Dibekali dengan tipe mesin Liquid-cooled, DOHC, forward-inclined parallel 4-cylinder, 4-valves. Berkapasitas 600cc, mampu menghasilkan performa tarikan mesin sangat bertenaga, dengan daya maksimum 91.0 kW (123.7 PS) @ 14.500 rpm dan torsi maksimum 65.7 Nm (6.7 kg-m) @ 10.500 rpm. Tenaga mesin didistribusikan dengan sistem perpindahan gigi transmisi 6 percepatan.

Bila tertarik untuk memboyong Yamaha R6 ini, berdasarkan laman resmi Yamaha Motor Indonesia, detikers perlu merogoh kocek sebesar Rp 270.000.000. Harga tersebut adalah On The Road (OTR) Jakarta di tahun 2019. Harga yang fantastis sesuai dengan kelas, dan teknologinya yang canggih.

Sementara itu aRacer Speedtek dikenal melayani kebutuhan para pecinta balap seantero Asia. Mereka juga merupakan partner resmi untuk pemasok ECU di ajang balap AsianGP.





Simak Video "Permintaan Lagi Tinggi, Pembeli Motor Yamaha Harap Bersabar"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT