Senin, 09 Mar 2020 17:16 WIB

Ide Gila, Mobil Diajak Main Trampolin Dilepas dari Ketinggian 45 Meter

Rizki Pratama - detikOto
Sebuah mobil dijatuhkan dari ketinggian 45 meter dan disambut oleh sebuah trampolin Foto: markrober/youtube
Jakarta -

Pernahkah anda membayangkan sebuah mobil dijatuhkan dari ketinggian dan disambut oleh sebidang trampoline? Bayangan tersebut direalisasikan oleh mantan insinyur NASA dan didokumentasikan menjadi sebuah video yang diunggah ke Youtube.

Mantan ilmuwan NASA bernama Mark Rober ini sudah cukup banyak melakukan eksperimen ilmiah dengan cara yang mengagumkan. Kemampuannya dalam hitung-menghitung fisika ini menarik perhatian Youtuber Australia, How Ridiculous. Mereka mengajak Rober untuk menjawab pertanyaan aneh mereka dengan sebuah percobaan; Apa jadinya jika sebuah mobil dijatuhkan dari ketinggian 45 meter ke atas trampolin?

Ide gila seperti ini tentu akan terdengar ceroboh dan berbahaya bagi sebagian orang. Namun, bersama Rober hal ini dikerjakan dengan perhitungan matang untuk meminimalisir segala risiko dan mendapatkan hasil terbaik.

Trampoline yang akan menjadi landasan pun dibuat dengan dimensi dan kekuatan khusus untuk menampung mobil. Sebelum dibuat trampoline ini dibuat rancangan digitalnya untuk simulasi melalui perangkat lunak CAD.

Setelah menyiapkan segala kalkulasinya, sebuah trampoline dibuat dengan bahan kevlar tebal yang disangga oleh rangka baja. Untuk menunjang gaya pegasnya, 144 per panjang dan besar jadi penghubung antara kevlar dan rangka.

Sebelum mobil dijatuhkan, pengujian langsung juga tetap dilakukan dengan menjatuhkan beberapa benda lain dengan bobot dan bentuk berbeda. Setelah dirasa aman barulah Holden lima pintu berwarna putih dijatuhkan.

Dalam hitungan detik mobil jatuh disambut trampolin dengan posisi atapnya duluan. Trampoline menyambut dan menahan dengan baik dan kembali melempar mobil ke udara beberapa meter dan kembali jatuh ke permukaan trampoline dengan buntutnya terlebih dahulu.

Setelah itu mobil keluar dari trampoline dengan posisi berdiri seperti biasa. Untuk menghindari mobil terlempar jauh di sekelilingnya sudah dibatasi pagar besi.

Sekilas mobil ini tampak baik-baik saja setelah 'bermain' trampoline. Namun saat diperhatikan lebih dekat ada banyak goresan serta lampu-lampu kendaraan pecah.



Simak Video "Dari Barang Bekas, Diorama Mobil Remot Kontrol Mirip Aslinya"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com