Jumat, 05 Jul 2019 10:29 WIB

Bikin Adem, Yang Dilakukan Orang Kudus saat Ada Insiden Kecelakaan

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Foto: 20Detik Foto: 20Detik
Kudus - Insiden di jalan raya bisa menimpa siapa saja, entah itu pengguna motor atau mobil. Orang yang sudah tertib berlalu lintas pun bisa kena imbas dari kesembronoan orang lain yang tidak disiplin.

Kalau sudah mengalami insiden, orang-orang biasanya mudah sewot dan terbakar amarahnya. Di Jakarta mungkin bisa terjadi adegan baku hantam menggunakan helm kalau ada senggol-senggolan antar pengendara motor. Sulit menemui orang yang mau mengaku salah di jalanan Jakarta, terutama pengendara motor, tul gak?



Namun pemandangan berbeda detikcom tangkap di Kabupaten Kudus. Setidaknya selama perjalanan detikcom di Kudus akhir pekan lalu, ada 3 insiden kecelakaan yang menarik perhatian detikcom.

Pertama adalah insiden senggolan angkot dengan mobil pribadi dengan sebuah angkot di dekat Menara Kudus. Kedua insiden pengendara wanita yang hampir tertabrak pengendara motor lainnya karena belok tanpa menoleh dan ketiga pengendara motor yang menabrak mobil di sekitar Mesjid Agung Kudus. Dari ketiga insiden itu ada kesamaan cerita: pengendaranya tidak ada yang terlalu marah dengan pengendara lain.

Meski udara Kabupaten Kudus tengah panas menyengat, tidak membakar hati orangnya. Memang awalnya ada sedikit argumentasi namun kedua pihak yang terlibat insiden cepat memahami keadaan lawannya. Si bapak yang hampir menabrak pengendara wanita misalnya, terlihat anteng-anteng saja meski kepalanya geleng-geleng.



"Ya sudah motormu rusak, mobilku juga rusak, damai saja," ujar si pengendara mobil yang ditabrak pengendara motor. Si pengendara mobil ikhlas padahal mobil bagian bempernya terlihat mengalami kerusakan cukup parah begitu juga motor bagian depannya. Keduanya pun kemudian berjabat tangan dengan erat.

"Baru kali ini saya lihat ada orang yang terlibat kecelakaan bisa adem-ayem," ujar Mimo, warga Jakarta yang kebetulan mendampingi detikcom.





Simak Video "Korban Kecelakaan Avanza Vs Truk di Cipali Dapat Santunan Puluhan Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com