Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 06 November 2017, 12:47 WIB

Berkendara di Jepang

Di Indonesia Ada Operasi Zebra, di Jepang Tak Pernah Ada Razia

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Di Indonesia Ada Operasi Zebra, di Jepang Tak Pernah Ada Razia Foto: Rangga Rahadiansyah
Tokyo - Di Indonesia, kepolisian rutin menggelar operasi atau razia. Salah satunya adalah Operasi Zebra yang sudah dimulai sejak awal November selama dua pekan.

Wajar, meski sering diadakan razia, masih banyak pelanggaran yang dilakukan pengendara di Indonesia. Hal ini berbanding terbalik dengan Jepang. Di Negeri Sakura itu, tak pernah ada razia.

"Di Jepang tidak pernah ada razia di jalan raya untuk melihat kelengkapan kendaraan atau perlengkapan berkendara, seperti SIM. Karena mereka taat. Sudah dipastikan taat, itu yang saya rasakan selama 22 tahun saya di sini," kata pemandu wisata selama perjalanan Toyota Tokyo Motor Show Trip 2017, Ping Tjuan, saat berbincang dengan detikOto di Yokohama, Jepang.

Peraturannya sangat sederhana, kata pria asal Indonesia ini. Kalau tidak punya SIM, orang Jepang tidak boleh berkendara. Dan itu selalu dipatuhi oleh warga Jepang.

"Kalau Anda nggak punya SIM, jangan pernah sekali-sekali berkendara. Karena Anda nggak akan bisa beli mobil (syarat beli mobil di Jepang harus punya SIM)," kata Ping.

"Kalau Anda tidak punya SIM (di Jepang), nggak ada alasan untuk mengemudi. Kalau kita tetap nekat nyetir tanpa SIM, nabrak orang, (ada korban) cacat tetap, mati, dia masuk penjara, masuk pembunuhan berencana," lanjut Ping. (rgr/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed