Senin, 10 Nov 2008 11:58 WIB

Uji Konsumsi BBM V-Ixion

- detikOto
Jakarta - 23 Oktober 2008 lalu, saya mencoba mengukur konsumsi bensin Yamaha V-Ixion pada perjalanan pulang dan pergi Bogor-Depok yang berjarak sekitar 65,9 km. Perjalanan ini melalui Kampung Sawah. Pagi Hari, si Marun – demikian panggilan saya untuk Yamaha V-Ixion kesayangan - saya isi dengan premium sampai penuh dan speedometer di-reset ulang setelah tangki tersisi penuh.

Kondisi si Marun cukup bugar secara baru saja kemarin di-service ringan berkala plus ganti Oli di Bengkel ATPM Yamaha deket rumah. Si Marun itu speknya standar banget, hanya ganti ban belakang-depan saja. Pemakaian selama perjalanan normal saja, tidak disengaja pelan atau digeber kenceng, Head lamp depan Nonstop menyala. Kebetulan kondisi jalan pun lancar tanpa kemacetan berarti.

Balik dari kantor Depok sore hari, kondisi jalan lancar disertai guyuran hujan sepanjang jalan Depok-Bogor brrrrr !!. Sesampai di Bogor setelah 65,9 km perjalanan pulang-pergi, isi premium lagi sampai tangki penuh, ternyata hanya terisi 1,5 liter saja alias seharga Rp. 9.000,00 sehingga bila dihitung kasar konsumsi BBM si Marun sekitar 43,93 km perliter premium. Ini beneran lho.

Lain kali, akan saya coba menggunakan Pertamax mudah-mudahan mileage-nya lebih baik, karena spek oktan pertamax lebih sesuai dengan kompresi mesin Si Marun di banding premium, semoga berguna. Salam dari Taufik H. cabidun@hotmail.com

Artikel yang sama bisa Anda temui di http://ninja250r.wordpress.com


(tbs/tbs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com