Minggu, 05 Jul 2020 08:35 WIB

Netizen Riuh, Pemotor Santuy Pegang Gas Pakai Tangan Kiri

Achmad Syauqi - detikOto
Tangkapan layar di ISK pemotor santuy nyetang tangan kiri. Tangkapan layar di ISK pemotor santuy nyetang tangan kiri. Foto: Achmad Syauqi/detikcom
Klaten -

Video seorang pesepeda motor yang dengan santuy melaju menggunakan tangan kiri untuk memegang gas membuat riuh netizen di Klaten. Video yang diunggah baru sehari oleh akun Alfian Putran di grup Facebook Info seputar Klaten (ISK) itu sudah menuai 1.102 tanggapan dan 447 komentar warga net.

Dalam video berdurasi sekitar 15 detik itu pemilik akun menuliskan kalimat "nyuwun tulung menawi enten sik kenal bapake dikandani ampun atraksi ten dalan gede. Lokasi : perempatan SMK 3 Klaten. Nb : Kulo boncengan, Sik ngevideo ten mburi" (mohon bantuannya bila kenal bapak ini diingatkan jangan atraksi di jalan raya. Lokasi : perempatan SMK 3. Nb: saya boncengan, yang memvideo di belakang).

Dalam rekaman tampak seorang pria berbaju biru mengendarai sepeda motor matic warna hitam sendirian. Sambil melaju kencang pemotor mengejar mobil di depannya.

Tangan kiri menyilang memegang gas motor. Sedangkan tangan kanannya bertumpu dengan santainya di jok sambil melaju dari kanan ke arah kiri jalan.

Aksi pemotor itu mengundang beragam komentar pro dan kontra netizen. Pemilik akun Fajar Rifael menulis, "Positif ae lur, mungkin tangan kanan lg kesemutan."

Penelusuran detikcom, lokasi aksi tersebut ada di Jalan Merbabu, Kelurahan Klaten, Kecamatan Klaten Tengah. Aksi dilakukan mulai simpang empat SMKN 3 Klaten sampai SMAN 1 Klaten.

Purwanto, salah seorang warga mengatakan tidak mengetahui ada kejadian itu. Tapi jika melihat lokasinya memang benar di depan SMKN 3.

"Ini jelas di video lewat depan SMKN 3 ke Utara. Di situ ramai pengguna jalan tapi jauh dari rumah penduduk, hanya ada sekolah dan ruko jadi tidak ada yang tahu," ungkap Purwanto pada detikcom, Sabtu (4/7/2020) siang.

Menurut Kasat Lantas Polres Klaten AKP Bobby Anugerah Rachman, jajarannya belum mencermati kejadian itu. Namun dari video tersebut jelas ada unsur pelanggaran.

"Itu melanggar. Mengemudikan kendaraan dengan membahayakan orang lain," ungkap Bobby saat dikonfirmasi detikcom lewat ponsel.



Simak Video "Dalam 20 Hari, Polisi Tangkap 10 Pelaku Curanmor di Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com