Kamis, 19 Sep 2019 18:21 WIB

Evakuasi Warga, Polisi Terobos Kebakaran Hutan Pakai Motor

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: screenshot Youtube Foto: screenshot Youtube
Brisbane - Kebakaran hutan menjadi masalah serius, berdampak pada lingkungan, kesehatan, dan parahnya bisa mengancam jiwa. Selain Indonesia, kejadian serupa juga pernah terjadi di wilayah Australia.

Di balik bencana, ada sosok yang berperan penting untuk memadamkan api dan menyelamatkan jiwa. Kepolisian Queensland Australia merilis rekaman video dari anggota yang menggunakan sepeda motor menerobos kebakaran hutan untuk mengevakuasi penduduk sekitar.

Evakuasi Warga, Polisi Terobos Kebakaran Hutan Pakai MotorFoto: YouTube/QueenslandPolice


Dalam video yang berdurasi dua menit 10 detik ini terlihat polisi menelusuri jalan dan mengetuk pintu rumah-rumah warga, memastikan apakah ada warga atau tidak.



Polisi yang menunggangi sepeda motor bekerja sama dengan aparat lainnya seperti tim medis dan pemadam kebakaran untuk menyelamatkan warga sebanyak mungkin, walaupun saat itu api-api kecil dari kebakaran mulai berterbangan.



"Terkadang kata-kata tidak bisa menggambarkan apa yang kita lihat dari pekerjaan," tulis penjelasan video tersebut dalam akun Youtube Queensland Police.

[Gambas:Youtube]



Keberanian polisi ini bukan tanpa alasan, sebab Australia juga memiliki sejarah kelam terkait kebakaran hutan. Peristiwa kebakaran hebat di Victoria pada 2009 lalu yang dikenal dengan sebutan Sabtu Kelam (Black Saturday), yang menewaskan hingga 173 orang.



Simak Video "Kebakaran Hutan di Queensland Hancurkan Puluhan Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com