Sabtu, 24 Agu 2019 18:45 WIB

Motor Listrik Buatan Rumah Nyelonong ke Jalan Raya

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Pool (Rideapart) Foto: Pool (Rideapart)
Jakarta - Sebuah kendaraan roda dua tanpa suara dan berbentuk aneh melintasi sebuah jalanan tentu akan dengan mudah menarik perhatian polisi yang bertugas. Motor listrik itu merupakan sebuah kendaraan yang dibuat sendiri atau dikenal dengan sebuatan DIY (Do It Yourself).

Meski penyelesaian akhir rancangan motor ini tidak serapi buatan pabrik, bisa dikatakan motor tersebut sudah memenuhi syarat keamanan untuk dikendarai di jalan raya. Bentuknya yang tidak lazim itu pun mengundang kecurigaan polisi di bagian Selatan Inggris.



Tak sanggup menahan takjubnya, polisi itu pun mengekspresikannya melalui akun Twitter BCH Road Policing. "Kendaraan paling aneh yang pernah saya berhentikan di lalu lintas sepanjang 26 tahun saya bekerja," cuit akun tersebut beserta foto motor listrik yang menjadi pembicaraan.

Para netizen pun berkomentar dengan menerka-nerka basis motor ini. Ada yang bilang ini berasala dari motor semi tertutup Quasar di tahun 80-an. Ada pula yang berspekulasi ini berasal dari mobil satu penumpang Invacar.



Terlepas dari berbagai spekulasi itu tak banyak yang bisa didefinisikan dari motor berbalut lakban dan kayu itu. Beruntungnya motor tersebut berada di kawasan pinggiran yang aturannya tidak seketat tengah kota. Dengan bentuk dan kecepatan itu, tak ada pelanggaran lalu lintas yang terjadi. Sang pemilik kendaraan pun memiliki asuransi jiwa dan membayar pajak kendaraan itu dengan lengkap.

"Kendaraan tersebut melaju di lalu lintas dan tidak menggangu pengguna jalan lainnya. Pemiliknya telah memastikan bahwa ia telah memenuhi regulasi keselamatan serta memiliki asuransi dan membayar pajaknya tepat waktu," ujar salah seorang polisi setempat yang bernama Stephen Andrew.



Simak Video "Tes Performa Motor Listrik yang Bisa Mundur"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com