Jumat, 14 Jun 2019 07:55 WIB

Perlu Dicontoh Nih! Pemotor Tertib Antre Tak Serobot Sana-sini

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Pengendara motor tertib antre. Foto: Facebook Motorcycle Tourers Association Pengendara motor tertib antre. Foto: Facebook Motorcycle Tourers Association
Mizoram - Di Indonesia masih banyak pengendara yang sembarangan. Pengendara sepeda motor salah satunya. Kerap kali pengendara motor yang tak tertib malah membuat jalanan tambah ruwet.

Misalnya di jalan dua arah. Mungkin detikers sering bertemu dengan pemotor nakal saat macet. Saat mobil-mobil antre ketika macet di jalan dua arah yang lebarnya cuma cukup untuk dua mobil, tak sedikit pemotor yang mengambil jalan kosong di sebelah kanan.


Tindakan itu malah membuat lalu lintasnya semakin macet. Sebab, motor yang ambil kanan pasti menghalangi laju mobil dari arah berlawanan yang memang sudah haknya melewati lajur itu. Hingga akhirnya lalu lintas terkunci tak ada yang bisa jalan. Kejadian seperti itu mungkin timbul karena banyak pengendara yang tak sabaran.

Nah, para pengendara sepeda motor di salah satu kota di India ini bisa menjadi contoh. Di kota Aizawl, terjadi kemacetan di jalan yang sempit. Tapi pemotornya tetap tertib mangantre tanpa mengambil lajur kanan yang kosong. Malah, motor-motor itu tidak melewati marka jalan sebagai pembatas lajur.

"Ini bukan negara barat. Ini di ibukota Mizoram, Aizawl, India. Lalu lintas macet, tapi tidak satu pun yang melewati marka jalan. Semuanya menunggu di dalam lajur," tulis laman Facebook Motorcycle Tourers Association menyertai fotonya.


Tapi memang ada beberapa pemotor yang tak pakai helm. Kalau yang tidak pakai helm jangan ditiru. Ya setidaknya perilaku berkendara yang tak serobot kanan bisa menjadi contoh. (rgr/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed