Jumat, 28 Des 2018 21:29 WIB

Saat Motor Baru Yamaha R15 Mandi Kembang

Ridwan Arifin - detikOto
Motor Yamaha R15 Mandi Kembang Foto: Pool (Facebook)
Jakarta - Apa yang Otolovers lakukan ketika memiliki sebuah motor baru? Pastinya melakukan inreyen sembari menanti plat dan STNK motor tiba di tangan. Namun ada tradisi unik nih di Indramayu, sebelum meluncur motor tersebut dimandikan kembang terlebih dahulu lho.

Hal ini diketahui saat akun Iin Indrawati mengunggah video ke jejaring sosial Facebook yang dikirim ke grup PESONA INDRAMAYU pada (24/12/2018). detikOto melihat, motor yang dimandikan kembang tersebut adalah Yamaha R15 dengan kelir hitam berbalut merah.



"Adat istiadat e wong dermayu ari tas tuku motor anyar kudu kaya kenen," tulis Iin pada unggahannya. Atau dalam arti adat istiadat orang Indramayu setelah beli motor baru seperti ini.

Terekam dalam video yang berdurasi selama 2:27 menit tersebut, seorang pria berseragam orange mengitari motor beberapa kali. Warga sekitar baik dewasa dan anak-anak antusias melihatnya.

Setelah diputari, nampak pria berseragam orange tersebut memanggil yang sepertinya pemilik untuk menghidupkan motornya.



Lebih lanjut, mesin kendaraan masih dalam keadaan hidup sebanyak dua kali dengan telaten pria ini mengambil baskom untuk disiram, dan air terakhir berisi air kembang. Dari bagian fascia hingga buntut Yamaha R 15 tidak terlewat satu percik pun air.

Keunikan tradisi yang terekam dalam video tersebut menjadi perbincangan oleh warganet.

"Kalo hanya sekedar melestarikan adat ya tidak apa-apa, tapi hati niat serta aqidahnya dijaga hanya gusti Allah yang jadi penolong," tulis Kiki Widiyanto.

Bahkan ada yang sempat bernostalgia dengan tradisi tersebut. "Haha ingat saya waktu beli motor juga sama kayak gitu, gawuran itu sudah ciri khas wong dermayu," tulis Ana Kent.

Lain lagi dengan Cahyadi Wismantoro,"Biar jadi penggantinya Rossi yang beli motornya, YAMAHA SEMAKIN DI DEPAN," tulis Cahyadi.


(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
dMentor
×
Bisnis Rumahan Saat PSBB
Bisnis Rumahan Saat PSBB Selengkapnya