Rabu, 12 Des 2018 15:16 WIB

Naik Motor di Tol Saja Bahaya Apalagi Lawan Arah Tanpa Helm

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Motor masuk jalan tol tanpa pakai helm. Foto: Istimewa
Jakarta - Di Sidoarjo ada seorang pengendara motor yang melakukan aksi nekat di jalan tol. Pemotor itu masuk jalan tol seharusnya khusus hanya untuk kendaraan bermotor roda empat atau lebih.

Dalam peraturannya, sepeda motor dilarang masuk jalan tol. Tapi, pemotor tanpa helm ini nekat masuk. Bahkan dia tidak mengenakan helm.



Aksi pengendara motor itu terekam oleh pengguna kendaraan roda 4. Dia hanya mengenakan kaos berwarna putih tanpa jaket. Pemotor beberapa kali diminta untuk berhenti melajukan kendaraannya, namun sepertinya si pemotor cuek saja.

Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, menanggapi video tersebut dengan menyarankan agar pemotor tetap mematuhi aturan lalu lintas demi keselamatan. Mengendarai sepeda motor di jalan tol sangat berbahaya.

"Berkendara roda dua di jalan tol dengan arah yang benar saja bahayanya tinggi," kata Sony kepada detikOto, Rabu (12/12/2018).

Semakin besar ruang di sekeliling kendaraan dengan dimensi lebih besar, maka semakin besar juga anginnya. Angin tersebut yang membahayakan keseimbangan pemotor di jalan tol.



"Itu kenapa roda dua dilarang masuk ke dalam jalan tol. Gimana berkendara dengan arah yang berlawanan dan nggak full gear (tanpa helm dan perlengkapan keselamatan bermotor lainnya) pula," ujar Sony.

"Roda empat saja kadang sering hilang keseimbangan saat di jalan tol akibat crosswind (angin dari samping) atau stream wild (aliran angin liar) akibat kendaraan lain," tambahnya.

[Gambas:Video 20detik]

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com