Putin Tangkap Orang Kaya Rusia yang Pamer-Parade Mobil Mewah

ADVERTISEMENT

Putin Tangkap Orang Kaya Rusia yang Pamer-Parade Mobil Mewah

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 01 Sep 2022 16:20 WIB
Russian President Vladimir Putin attends a meeting in Moscow, Russia, Thursday, Aug. 25, 2022. Russian President Vladimir Putin has ordered the Russian military to increase the size of the countrys armed forces by 137,000 amid Moscows military action in Ukraine. (Mikhail Klimentyev, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)
Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto: Mikhail Klimentyev, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)
Jakarta -

Orang kaya yang pamer mobil mewah di jalan-jalan Moskow ditangkap petugas kepolisian Rusia. Masalahnya bukan perkara mobil bodong atau kelengkapan surat.

Dikutip Mirror, Kamis (1/9/2022) Vladimir Putin tidak suka terhadap para konglomerat Rusia dan keturunannya yang suka memamerkan kekayaannya di depan publik. Di sisi lain, Rusia telah dihadapkan masalah ekonomi karena sanksi Barat usai invasi ke Ukraina.

Puluhan orang kaya Rusia ditangkap setelah mengumpulkan supercar eksotis dengan stiker "Kaya dan Sukses" di Moskow. Lebih dari 170 mobil disita, mulai dari Porsche, Lamborghini, Ferrari, Bentley dan Rolls-Royce termasuk di antaranya mobil-mobil reli.

Menurut kantor berita yang dikelola pemerintah Rusia, Tass, tujuh dari pemiliknya dipenjara hingga 15 hari.

Putin menerapkan kebijakan toleransi nol untuk pertemuan publik apa pun yang tidak direncanakan oleh pemerintah. Menurut Putin, memamerkan kekayaan ekstrem di depan umum tidak pantas selama masa ekonomi sulit.

Tujuh pria termasuk mantan walikota Archangelsk, Alexander Donskoy, diperintahkan untuk menjalani penahanan selama 15 hari karena berpartisipasi dalam pengumpulan massal warga di tempat umum. Dia juga pernah mengalami masalah karena mengendarai Ferrari di sekitar pusat perbelanjaan Moskow.

Seorang yang ditangkap polisi adalah Oscar Liksutov, 17, putra Maksim Liksutov, kepala Departemen Transportasi Moskow. Dia tidak ditahan tetapi diantar ke rumah pejabat tinggi kota.

Jutawan kripto Rusia berusia 28 tahun, Alexei Khitrov mengaku kaget dengan penangkapan tersebut. Dia mengklaim tidak ada agenda politik di dalamnya.

"Tujuan dari acara ini adalah untuk mengumpulkan semua pemilik mobil elit dan menciptakan suasana untuk relasi," kata dia.

"Awalnya saya pikir itu hanya lelucon," kata dia.

Senator Rusia Mikhail Dzhabarov menuntut hukuman karena masih nekat memamerkan mobil mewah buatan Barat.

"Mereka harus dipanggil untuk membantu tentara. Mereka tidak akan berguna untuk bertarung di garis depan," katanya.

"Tetapi mereka cukup mampu membantu dalam tugas-tugas belakang atau sebagai mantri di rumah sakit militer," tambah Dzhabarov.

Para peserta kumpul darat itu diduga melanggar undang-undang yang sama yang digunakan untuk menumpas protes politik di Rusia. Undang-undang tersebut membatasi pertemuan, demonstrasi, hingga pawai.

Presiden Rusia, Putin nampaknya tidak terlalu suka dengan pamer. Dia pernah bilang mobil mewah mirip dengan gigi emas orang kaya di masa Soviet.

"Di masa Soviet, beberapa orang biasa memamerkan kekayaan mereka dengan menanamkan gigi emas, idealnya gigi depan, untuk menunjukkan ukuran kekayaan mereka," kata Putin.

"Lamborghini dan mainan mahal lainnya persis seperti gigi emas itu," tambah dia.



Simak Video "Pesan Tahun Baru Putin: Elite Barat Munafik Tentang Niat Damai"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT